12 Setting PENTING di Aplikasi Youtube Yang PERLU Kalian UBAH Untuk SEMUA Seri Android Atau iPhone

Halo semuanya, di artikel kali ini kita akan lihat 12 setting penting di aplikasi YouTube yang mungkin belum pernah kalian coba sebelumnya. Ada banyak setting di aplikasi YouTube ini yang cukup berguna dan ternyata masih banyak yang belum tahu dan belum menggunakannya. Setting yang kita coba di aplikasi YouTube kali ini adalah yang versi 15.46.38.

Jadi, buat kalian yang belum update ke versi terbaru ini kalian bisa update dulu aplikasinya, baru kalian nanti ikut tips di artikel ini supaya settingnya sama dengan apa yang kita jelaskan di artikel ini. Oke, sekarang mari langsung saja kita cek satu persatu apa saja fitur-fiturnya.

1. Remind Me to Take a Break

Untuk fitur yang pertama kalian tinggal masuk ke aplikasi YouTube kemudian buka setting di tiga titik kanan atas dan pilih setting. Kemudian disini pilih setting yang general dan pilih yang Remind me to break. Fitur ini akan mengingatkan kalian untuk istirahat sejenak menonton YouTube kalau kalian sudah menonton terlalu lama.

Remind Me to Take a Break

Disini kalian juga bisa ingatkan ketika sudah waktu tidur. Jadi, kalian bisa pilih waktunya disini, kapan biasanya jam tidur kalian dan nantinya sesuai dengan schedule tidur kalian nanti akan muncul notifikasi supaya kalian tidak nonton YouTube lagi. Ini tentunya cukup membantu buat kalian yang sering terganggu tidurnya kalau keseringan nonton YouTube.

2. Youtube Dark Mode

Youtube Dark Mode

Kemudian fitur yang kedua adalah fitur Dark mode di aplikasi YouTube. Untuk fitur ini sebenarnya sudah ada di versi-versi sebelumnya. Youtube Dark Mode ini bisa langsung kalian akses di bagian general tadi dan pilih yang Appearance. Dibagian Appearance ini kalian tinggal pilih Dark theme di bagian paling bawah. Dan tampilkan smartphone yang pun akan menjadi Dark Mode.

3. Muted Playback in Feeds

Muted Playback in Feeds

Kemudian fitur selanjutnya adalah Muted Playback in Feeds. Fitur ini bisa kalian aktifkan atau nonaktifkan sesuai dengan kebutuhan kalian. Atau kalian juga bisa mengaktifkannya hanya di koneksi wi-fi saja. Biasanya, untuk default-nya posisinya berada di Always On. Jadi, saat kalian scroll di feeds YouTubenya akan langsung autoplay untuk video-videonya. Kalau kalian ingin menghemat paket data, kalian bisa nonaktifkan fitur ini atau kalian aktifkan fitur ini saat kalian connect ke wi-fi saja.

4. Change Double Tap to Seek Duration

Kemudian, fitur selanjutnya adalah Double Tap to Seek. Kalian bisa memanfaatkan fitur Double Tap to Seek ini untuk skip 10 detik kebagian video selanjutnya. Kalian tinggal tap 2 kali di bagian sebelah kanan untuk skip ke bagian video 10 detik selanjutnya, ke sebelah kiri juga bisa kalian gunakan untuk back 10 detik.

Change Double Tap to Seek Duration

Kalau kalian ingin double tap untuk durasi yang lebih lama atau durasi yang lebih sedikit, kalian bisa langsung setting di-setting yang tadi. Dibagian setting general di aplikasi YouTubenya kalian pilih yang Double Tap to Seek. Kemudian disini kalian tinggal pilih durasi waktu yang kalian inginkan. Kalian tinggal sesuaikan saja dengan keinginan kalian.

5. Zoom to Fill Screen

Kemudian setting selanjutnya yang juga cukup menarik adalah Zoom to Fill Screen. Kalau kalian nonton video YouTube yang resolusinya 16 banding 9 seperti ini akan ada black screen di bagian kanan dan kirinya. Kalau kalian lebih suka nonton YouTube dengan full screen dengan Zoom seperti ini, kalian bisa pinch layar seperti ini atau kalian juga bisa langsung ubah setting yang tadi.

Zoom to Fill Screen

Jadi, semua videonya kalau nonton akan langsung berubah ke mode fill screen seperti ini. Jadi, kalian tidak perlu pinch lagi secara manual. Dibagian setting general kalian pilih yang Zoom to fill screen. Jadi, saat kalian menonton Youtube akan akan langsung masuk ke mode Zoom to fill screen ini. Jadi, videonya akan langsung memenuhi seluruh bagian layarnya.

6. Picture in Picture

Picture in Picture

Kemudian fitur selanjutnya adalah fitur Picture in Picture. Fitur ini sayangnya hanya ada untuk YouTube yang versi premium. Kalian bisa aktifkan fitur picture in picture ini untuk mengaktifkan video YouTube untuk bisa ditonton sambil menggunakan aplikasi yang lain. Jadi, kalian bisa langsung menggunakan aplikasi yang lain sambil menonton video YouTube. Tentunya ini akan membantu dan bisa meningkatkan produktivitas kalian.

7. Uploads Only on Wi-Fi

Uploads Only on Wi-Fi

Kemudian untuk kalian yang sering upload video ke YouTube, kalian bisa pilih juga setting yang upload ini. Disini bisa pilih apakah video bisa kalian upload di jaringan wi-fi saja atau di semua koneksi. Untuk kalian yang menggunakan kuota pribadi dan hanya upload di jaringan wi-fi, kalian bisa mengaktifkan fitur only when on wi-fi ini. Jadi, videonya akan upload di jaringan wi-fi saja.

8. Autoplay Next Video

Autoplay Next Video

Kemudian setting selanjutnya ada di bagian Autoplay. Dibagian Autoplay ini ada pilihan autoplay untuk next videonya. Kalau kalian mengaktifkan fitur ini, saat kalian nonton video YouTube nantinya akan langsung berlanjut ke video rekomendasi selanjutnya. Untuk di update versi Youtube terbaru ini, kalian juga bisa mengaktifkan fitur autoplay langsung di bagian atas videonya.

Baca:   16 Fitur Berguna Whatsapp yang Mungkin Belum Kamu Ketahui dan Gunakan - Fitur Whatsapp Terbaru 2021

9. Background Playback

Kemudian, selanjutnya adalah fitur Background Playback. Fitur Background Playback ini adalah untuk memainkan video di background walaupun di layar terkunci sekalipun. Jadi, videonya tetap dimainkan walaupun dalam kondisi layar mati seperti ini. Jadi, suaranya akan tetap terdengar. Ini tentunya akan cukup berguna saat kalian menggunakan headphone atau kalian hanya ingin mendengarkan lagu atau suaranya saja.

Background Playback

Fitur ini hanya bisa diaktifkan untuk yang menggunakan YouTube premium dan kalian bisa nonaktifkan fitur nya di bagian setting. Kalau kalian tidak ingin menggunakan fitur ini dan kalian tidak ingin dimainkan suara saat kalian kunci handphonenya, kalian bisa langsung masuk ke setting kemudian pilih yang background & download. Untuk setting yang background play ini kalian tinggal matikan saja atau kalian juga bisa menggunakan headphone atau external speaker kalau hanya kalian gunakan saat menggunakan headphone atau eksternal speaker.

10. Watch on TV

Watch on TV

Kemudian fitur selanjutnya adalah fitur Watch On TV. Fitur Watch on TV ini bisa kita manfaatkan untuk menonton video YouTube langsung ke TV kalian. Tentunya fitur ini hanya mendukung untuk smart TV yang sudah support untuk aplikasi YouTube.

Cara Hidupkan Video Youtube dari HP ke TV

Cara Hidupkan Video Youtube dari HP ke TV

Untuk memainkan video tentunya cukup mudah, kalian langsung buka videonya. Untuk mengirimkan video ke TV kalian, kalian tinggal klik di icon Cast ini. Kemudian disini kalian tinggal hidupkan tv-nya dan langsung akan muncul TV yang sudah suport. Nanti setelah kalian pilih videonya akan langsung muncul ke TV kalian.

11. Scheduled Digest

Kemudian setting selanjutnya adalah masalah notifikasi. Dibagian setting kalian bisa buka notification, kemudian kalian bisa lihat di pilihan Scheduled Digest. Kalian bisa aktifkan fitur ini kalau kalian hanya ingin melihat notifikasi di jam-jam tertentu saja. Kalian bisa kustomisasi jamnya sesuai dengan yang kalian inginkan. Jadi, walaupun Creator yang upload di waktu yang lain, kalian tetap akan mendapatkan notifikasinya sesuai dengan waktu yang kalian inginkan. Disini kalian tinggal klik OK dan fiturnya akan langsung aktif.

Scheduled Digest

Misalnya, disini untuk default-nya adalah 07.00 malam, jadi kalian hanya akan mendapatkan notifikasi di jam 7 malam saja. Kalian juga bisa disesuaikan waktunya sesuai dengan schedule yang kalian punya untuk menonton video favorit kalian. Jadi, kalian tidak akan terganggu dengan notifikasi video dari YouTube untuk jam jam ya yang tidak kalian inginkan. Kalau kalian hanya nonton video di waktu tertentu, kalian bisa memanfaatkan fitur ini.

12. Captions Edit

Captions Edit

Kemudian fitur selanjutnya yang juga bisa kalian sesuaikan adalah fitur edit caption. Untuk tampilan caption untuk YouTube yang default nya akan terlihat seperti ini. Kalau kalian ingin mengubah bentuk caption dari video video YouTube, kalian bisa langsung ubah di bagian setting ini. Kalian bisa pilih di setting, kemudian pilih yang Captions di bagian bawah ini. Di setting ini kalian bisa sesuaikan ukuran dari teks captionnya. Kalian bisa kecilkan atau bisa lebih besarkan lagi. Misalnya, kalian ingin caption yang lebih kecil, kalian bisa pilih yang small.

Cara Ubah Warna dan Ukuran Captions Youtube

Kemudian untuk warnanya, kalian juga bisa ubah sesuai dengan selera kalian. Disini ada beberapa warna default yang bisa kalian pilih. Kalian juga bisa ubah warnanya sesuka hati kalian di bagian kostum yang kanan ini. Untuk yang kustom manual ini, kalian bisa langsung pilih warnanya sesuka hati kalian. Ada banyak pilihan warna yang bisa langsung kalian pilih di bagian ini. Untuk opacity dari background-nya juga bisa kalian pilih: ada dua 25% 50% hingga 100%.

Cara Ubah Warna dan Ukuran Captions Youtube

Misalnya, disini kita ubah warna background untuk captionnya, jadi tampilan captionnya akan terlihat seperti ini. Jadi, saat kalian menonton video YouTube yang memiliki caption, tampilan warnanya akan sesuai dengan yang kalian sesuaikan tadi. Misalnya, disini kita sudah pilih warna teksnya warna putih dan warna background nya berwarna biru, jadi tampilan caption nya akan langsung terlihat seperti ini.

Cara Edit Font di Captions Youtube

Cara Edit Font di Captions Youtube

Untuk font-nya juga bisa kalian sesuaikan, disini ada beberapa pilihan font yang bisa kalian ubah. Misalnya, kalian ubah warna dan font untuk caption ini, nantinya akan terlihat seperti ini. Kalian bisa ubah setting untuk caption dan warna ini sehingga terlihat lebih menarik.

 

Kalau kalian ada pertanyaan atau komentar, kalian bisa komentar dikolom komentar dibawah, atau kalian bisa tanya-tanya langsung di grup Telegram kita di link ini t.me/santertainmentindonesia. Atau kalian juga bisa tanya langsung di DM Instagram kita, di @santertainment. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kalian juga bisa cek juga versi video disini:

error: Content is protected !!