5 Cara Kunci Layar Cepat di Berbagai Seri HP Samsung – Bisa di OneUI Core dan OneUI 2.0/2.1/2.5/3.0

Halo semuanya, di artikel kali ini kita akan melihat empat cara kunci layar cepat di handphone Samsung di berbagai seri. Tips kunci layar cepat ini bisa langsung kalian aplikasikan di One UI 2.0, 2.1, 2.5, dan juga 3.0 yang terbaru. Oke, sekarang mari kita bahas satu persatu cara kunci layar cepat di handphone Samsung ini.

1. One Hand Operation+ (Long Swipe)

Untuk cara yang pertama, kalian bisa memanfaatkan aplikasi One Hand Operation+. Aplikasi One Hand Operation+ ini adalah aplikasi yang menjadi modul di dalam aplikasi Good Lock. Akan tapi, untungnya aplikasi ini bisa langsung kalian download terpisah di Galaxy Store maupun di Google Play Store. Kalau kalian tidak menemukannya di Google Play Store, kalian bisa coba cari di Galaxy Store karena ada di beberapa seri yang tidak tersedia aplikasinya di Google Play Store, tapi bisa kalian temukan di Galaxy Store. Setelah menginstal aplikasi kalian bisa langsung mengaktifkan aplikasi ini untuk dua cara kunci layar cepat.

One Hand Operation+ (Long Swipe)

Untuk cara yang pertama kalian bisa mengaktifkan One Hand Operation + ini untuk mengunci layar dengan swipe dan tahan lama di bagian sisi layarnya. Setelah menginstal aplikasi One Hand Operation+, kalian bisa langsung buka aplikasinya kemudian kalian bisa langsung mengaktifkan aplikasinya di bagian atas ini. Kemudian disini kalian bisa langsung set untuk kunci layer di bagian sisi kanan atau sisi kiri layarnya. Untuk cara mengunci layar cepat pertama, kita pilih yang long swipe kemudian lihat di bagian Straight left dan tap di bagian ini. Kemudian di sini kita pilih yang Screen off ini. Jadi, sekarang kalian bisa langsung lock atau kunci layarnya dengan swipe dan hold seperti ini. Dan untuk mengaktifkan layar nya, kalian bisa mengaktifkan double tap seperti biasa. Jadi, kalain bisa langsung swipe dan mengunci layarnya secara lebih cepat.

One Hand Operation+ (Long Swipe)

Kalian juga bisa mengaktifkan untuk yang kiri supaya mengunci layar nya untuk yang Left handle nya. Kalian bisa langsung set di sini kemudian pilih yang long swipe dan Straight right dan kita bisa langsung pilih yang Screen off ini. Untuk long swipe tentunya berbeda dengan short swipe karena kalau short swipe akan kembali ke menu sebelumnya. Sedangkan untuk long swipe, kalian bisa langsung mengunci lahirnya seperti ini.

2. One Hand Operation+ (Quick Tools)

One Hand Operation+ (Quick Tools)Kemudian cara yang kedua, kalian juga bisa mengaktifkan Quick tools dengan One Hand Operation+ ini. Kalau kalian ingin memunculkan shortcut-shortcut lainnya saat kalian swipe dan hold seperti ini, kalian juga bisa memilih di bagian setting yang tadi. Misal, kita pilih yang Right handle, kemudian yang Straight left ini kita search dan pilih yang Quick tools di bagian paling bawah. Di Quick tools ini ada beberapa setting yang bisa kalian tambahkan shortcut nya. Di sini ada berbagai setting yang bisa langsung kalian akses dengan satu tangan. Jadi, saat kalian swipe dan hold seperti tadi akan mincul menu-menu seperti ini. Jadi, kalian bisa tambahkan saja menu-menu yang ingin kalian akses secara cepat di bagian kanan ini.

One Hand Operation+ (Quick Tools)

Dan kalau kalian ingin mengunci layarnya secara cepat, kalian bisa pilih yang Lock screen ini. Jadi, kalian tetap bisa mengunci layar secara cepat dan juga mengakses menu-menu shortcut yang lain. Untuk bagian Quick tools itu sini hanya bisa ditambahkan hingga 12 shortcut saja. Jadi, kalian tidak bisa menambahkan lagi kalai kalian sudah menambahkan 12 shortcut di bagian ini. Kalau kalian ingin menambahkan shortcut yang lain, kalian harus hapus dulu shortcut nya dan tekan Add di bagian bawah. Di bagian shortcut ini ada berbagai pilihan yang bisa kalian pilih dan kalian hanya bisa pilih hingga 12 shortcut saja. Nantinya, shortcut akan langsung muncul di bagian kanan seperti ini. Untuk set dibagian kirinya juga sama seperti yang tadi, kalian tinggal pilih yang Quick tools dan kalian bisa langsung akses seperti cara yang tadi di bagian sebelah kanan.

Baca:   Cara Ganti Warna Keyboard di HP Samsung - Bisa Ganti Semua Warna Sesuka Hati - Fitur Baru Good Lock

One Hand Operation+ (Quick Tools)

Cara Menghilangkan atau Ganti Warna Tampilan Handle di One Hand Operation+

Cara Menghilangkan atau Ganti Warna Tampilan Handle di One Hand Operation+Saat kalian mengaktifkan One Hand Operation+ dan muncul handle di bagian tepi layarnya seperti ini, kalian juga bisa menaikkan transparansinya sehingga handle ini menghilang tampilannya dan tidak muncul sama sekali. Kalian bisa naikkan transparansinya hingga 100% hingga hendaknya tidak muncul lagi seperti ini. Kalian tinggal masuk ke setting kemudian pilih yang handle color di bagian bawah, kemudian untuk transparansinya ada di bagian bawah ini. Jadi, sebenarnya untuk handle ini kalian juga bisa set warna.

Cara Menghilangkan atau Ganti Warna Tampilan Handle di One Hand Operation+

Misalnya kalian ingin nampak sedikit seperti ini nanti akan muncul kehijauan seperti ini sesuai dengan warna yang kalian pilih. Jadi, kalau tidak ingin muncul handle nya, kalian bisa langsung set transparansinya ke paling kiri dan pilih Done. Jadi, handlenya tidak akan muncul sama sekali.

3. NavStar Application on Good Lock

Kemudian untuk cara cepat yang ketiga untuk kunci layar di handphone Samsung, kalian bisa mengaktifkan modul NavStar. Untuk modul NavStar hari ini kalian harus instal Good Lock terlebih dahulu dan kalian install modul NavStar di dalamnya. Jadi, handphone kalian harus support Good Lock untuk tips yang ketiga ini. Kalau kalian belum tahu cara instal Good Lock, kalian bisa cek artikel kita sebelumnya.

NavStar Application on Good Lock

Untuk menggunakan NavStar ini tentunya kita harus set navigation bar nya ke Button seperti versi sebelumnya. Jadi, akan muncul Button di bagian bawahnya. Kemudian kita buka modul NavStar nya, kita klik Allow dan kita langsung set untuk NavStar di bagian atas ini. Kemudian disini kita pilih yang New configuration dan di bagian bawahnya kita pilih yang batal Button layout dan kita pilih Add button. Kemudian, disini kita bisa langsung pasang untuk shortcut Screen off di bagian navigation bar nya. Untuk posisinya bisa kalian pindahkan sesuai dengan preferensi kalian.

NavStar Application on Good Lock

Misal, untuk posisinya kita letakkan di bagian ini, kemudian kita pilih Done, dan kita save. Dan kemudian konfigurasi yang sudah kita buat berada di bagian paling bawah ini. Kita tinggal aktifkan saja dan kemudian navigation bar nya akan langsung aktif seperti ini. Jadi, tampilannya nanti akan seperti ini dan kalian bisa langsung tap di bagian icon di navigation bar ini, dan layarnya akan langsung mati seperti biasa. Kemudian icon nya akan tampil seperti ini.

NavStar Application on Good Lock

Dan sayangnya di One UI 3.0 yang terbaru tidak bisa lagi untuk fitur yang ini. Mungkin nanti akan bisa lagi setelah mendapatkan update terbaru untuk modul NavStar nya. Jadi, untuk preview ini kita coba di A51 yang masih menggunakan One UI 2.5. Setelah mengaktifkan navigation bar dan icon yang tadi, sekarang kita bisa langsung kunci layarnya langsung di navigation bar nya. Kita bisa langsung tekan tombolnya dan langsung mengunci layarnya dengan cukup mudah.

4. Double Tap to Lock (One UI 3.0 Only)

Kemudian, tips selanjutnya yang keempat adalah Double Tap to Lock yang hanya hadir di Android 11 dengan One UI 3.0 yang terbaru. Jadi, di versi terbaru kalian bisa langsung mengaktifkan Double Tap to Lock untuk mengunci layar nya dengan cukup mudah. Jadi, buat kalian yang baru saja update ke One UI 3.0 yang terbaru yang sudah berbasis Android 11, kalian bisa langsung mengaktifkan fitur ini di setting smartphone, kemudian pilih yang Advance features.

Double Tap to Lock (One UI 3.0 Only)

Dibagian Advanced features, kalian pilih yang Motions and gestures. Kemudian disini kalian tinggal aktifkan saja yang Double tap to turn off screen ini. Jadi, untuk versi update terbaru kalian  bisa langsung kunci layarnya dengan lebih cepat dari sebelumnya.

Double Tap to Lock (One UI 3.0 Only)

Kalau kalian ada pertanyaan atau komentar, kalian bisa komentar dikolom komentar dibawah, atau kalian bisa tanya-tanya langsung di grup Telegram kita di link ini t.me/santertainmentindonesia. Atau kalian juga bisa tanya langsung di DM Instagram kita, di @santertainment. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kalian juga bisa cek juga versi video disini:

error: Content is protected !!