5 Fitur Baru Youtube yang WAJIB Kalian Ketahui – Fitur Di Update Terbaru Aplikasi Youtube Tahun 2020

Di artikel kali kita akan melihat hal baru dan shortcut-shortcut penting di update terbaru aplikasi YouTube. Di update terbaru aplikasi YouTube sekarang kalian mendapatkan beberapa shortcut yang cukup menarik dan juga sangat memudahkan kalian dalam menonton YouTube.

Ada juga beberapa tambahan fitur baru yang bisa langsung kalian nikmati setelah update aplikasi YouTube terbaru. Untuk mengetahui dan langsung mencoba fiturnya satu persatu, mari langsung saja kita cek fitur yang pertama.

1. Swipe Up to Enter Fullscreen Mode

Fitur pertama dari update YouTube untuk kali ini adalah fitur Swipe Up untuk masuk ke mode full screen. Kalau kalian sedang menonton video YouTube dalam mode portrait seperti ini, kalian bisa langsung Swipe Up di bagian videonya dan masuk ke mode full screen. Dan setting ini bisa langsung kalian manfaatkan walaupun kalian tidak mengaktifkan fitur auto rotate di handphone kalian.

Swipe Up to Enter Fullscreen Mode

Jadi, kalau sebelum ada fitur ini kalian harus tap dulu di bagian videonya kemudian klik di icon ini untuk menuju ke mode full screen. Akan tetapi setelah update ini, kalian bisa langsung masuk ke mode full screen dengan Swipe Up saja di bagian videonya. Fitur ini tentunya cukup memudahkan dan mungkin bagi yang belum tahu, kalian bisa langsung memanfaatkan saat kalian sedang menonton video YouTube.

2. Swipe Down to Exit Fullscreen Mode

Swipe Down to Exit Fullscreen Mode

Untuk keluar dari mode full screen kalian bisa Swipe Down saat kalian dalam mode full screen. Kalian bisa langsung Swipe Down seperti ini dan akan langsung kembali ke mode portrait sebelumnya. Jadi, dengan tambahan kedua fitur baru ini kalian bisa langsung masuk ke mode full screen dan juga keluar dari mode full screen dengan lebih mudah. Kalian tinggal Swipe Up saja untuk masuk mode full screen dan Swipe Down untuk keluar dari mode full screen.

3. Timestamps on Video

Kemudian fitur baru selanjutnya di update terbaru aplikasi YouTube adalah fitur Timestamps. Kalau kalian perhatikan di beberapa video terbaru di channel kita, ada fitur Timestamps yang sudah kita tambahkan. Misal, kalian lihat di bagian bawah videonya sudah kita tambahkan Timestamps untuk beberapa video baru. Jadi, kalian sekarang bisa langsung melihat bagian-bagian dari videonya.

Timestamps on Video

Misal, kalian ingin melihat sesuatu pembahasan yang kalian perlukan kalian bisa langsung menuju ke pembahasan tersebut. Sebelum ada fitur ini tentunya kalian akan kesusahan melihat bagian dari videonya. Dengan ada fitur Timestamps ini kalian bisa langsung membuka part yang ingin kalian ketahui dari bagian videonya. Disini misalnya kita tambahkan tampilan dan layar, ada build quality performa, dan juga baterai. Kalau kalian ingin melihat contoh foto misalnya, kalian bisa langsung menuju ke bagian contoh fotonya saja.

Baca:   21 Tips dan Fitur Berguna di Instagram Terbaru 2021 | Nama Fitur IG Terbaru dan Cara Mengaktifkannya

4. List of Timestamps

List of Timestamps

Kemudian fitur yang keempat adalah List of Timestamps. Untuk mengakses fitur ini, kalian bisa langsung akses salah satu dari sub topik judul yang sudah ada di videonya. Misal, disini kita pilih yang Build Quality & Design, kalian tinggal tap saja di bagian judul Build Quality & Design ini. Disini juga ada screenshot awal dari bagian subtopik videonya. Ini seperti thumbnail kecil untuk bagian-bagian videonya. Untuk fitur yang ketiga dan keempat ini tentunya akan bergantung pada Creator yang menyediakan list of Timestamps ini.

Contoh Timestamps di Deskripsi & Cara Aksesnya

Contoh Timestamps di Deskripsi & Cara Aksesnya

Jadi, kalau Creator favorit kalian sudah menambahkan Timestamps di deskripsi videonya, kalian bisa untuk akses dari Timestamps ini dan kalian juga bisa langsung akses di bagian videonya. Untuk video-video di channel ini kedepannya akan langsung kita tambahkan Timestamps untuk memudahkan kalian dalam navigasi di bagian-bagian subtopik videonya, khususnya untuk video yang memiliki sub topik di dalam videonya. Contohnya, di video ini kita juga sudah menambahkan Timestamps nya. Kalian juga bisa langsung lihat contoh Timestamps nya di video yang sedang kalian nonton sekarang.

5. New Autoplay and Captions Position

Kemudian fitur terbaru selanjutnya di update terbaru aplikasi YouTube adalah posisi caption dan autoplay yang pindah kebagian atas videonya. Kalian bisa langsung aktifkan atau menonaktifkan caption atau autoplay di bagian atas video, baik dari posisi portrait maupun di posisi landscape. Jadi, kalau sebelumnya kalian harus masuk dulu ke posisi full screen seperti ini untuk mengaktifkan togelnya.

New Autoplay and Captions Position

Tapi, sekarang di update terbaru kali ini kalian bisa langsung mengaktifkan caption dan autoplay nya, baik di mode full screen maupun di mode portrait. Untuk mode portrait kalian bisa langsung mengaktifkan captionnya di bagian atas ini. Tentunya ini cukup memudahkan karena sebelumnya kalian harus masuk dulu ke mode full screen untuk mengaktifkan caption atau autoplay ini.

Cara Aktifkan/Nonaktifkan Caption Youtube

Jadi, untuk video-video yang sudah ada caption yang sudah kita tambahkan seperti ini, kalian bisa langsung mengaktifkan di bagian atas videonya dengan mudah. Dan kalau kalian merasa terganggu dengan caption ini, kalian juga bisa langsung menonaktifkannya di bagian atas ini.

Cara Aktifkan/Nonaktifkan Caption Youtube

Kalau kalian ada pertanyaan atau komentar, kalian bisa komentar dikolom komentar dibawah, atau kalian bisa tanya-tanya langsung di grup Telegram kita di link ini t.me/santertainmentindonesia. Atau kalian juga bisa tanya langsung di DM Instagram kita, di @santertainment. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kalian juga bisa cek juga versi video disini:

error: Content is protected !!