Chipset Snapdragon 895 Kemungkinan Akan Diproduksi Oleh Samsung Bersama Exynos 2200, yang Keduanya Akan Sama-Sama Berukuran 4nm

Nama seri chipset Snapdragon selanjutnya memang belum dikonfirmasi secara resmi sejauh ini (kemungkinan dinamakan Snapdragon 895). Akan tetapi, ternyata dari beberapa bocoran menyatakan bahwa Samsung telah memenangkan kontrak untuk memproduksi seri penerus chipset Qualcomm terbaru setelah seri Snapdragon 888 sebelumnya.

Chipset Snapdragon 895 Kemungkinan Akan Diproduksi Oleh Samsung Bersama Exynos 2200, yang Keduanya Akan Sama-Sama Berukuran 4nm

Walaupun Qualcomm adalah salah satu perusahaan pembuat chip terbesar di dunia, perusahaan ini tidak memiliki pabrik sendiri dan biasanya chipset diproduksi oleh pabrikan pihak ketiga. Dan biasanya Samsung dan TSMC lah yang bertindak sebagai produsen chipset untuk Qualcomm ini. Mereka biasanya akan negosiasi beberapa kontrak tentang perilisan processor atau chipset kelas atas ini setiap tahunnya. Dan dari bocoran terbaru di situs notebookcheck diindikasikan kalau Samsung telah memenangkan kontrak pembuatan processor terbaru untuk Qualcomm Snapdragon 895 dengan fabrikasi 4nm ini.

Kalau ini terjadi, tentunya nanti kemungkinan Samsung akan membuat chipset Snapdragon ini bersamaan dengan chipset mereka sendiri dengan seri Exynos 2200 yang kemungkinan besar akan sama-sama hadir dengan chipset berukuran 4nm juga. Dan ini tentunya juga akan membuat Samsung menguasai pangsa pasar chipset kelas atas yang akan dipasarkan di tahun 2022 kedepan yang di akan didominasi oleh Snapdragon 895 dan Exynos 2200 hasil kolaborasi dengan AMD ini.

Beberapa waktu lalu, Samsung juga dikabarkan akan memproduksi massal chipset Snapdragon X65 5G generasi berikutnya menggunakan teknologi 4nm. Sehingga dari kerjasama ini mengindikasikan kalau chipset Snapdragon 895 nantinya juga akan dibuat oleh Samsung menggunakan teknologi 4nm terbaru ini.

Apakah kinerja dan efisiensi daya dari Snapdragon 895 dan Exynos 2200 akan terpengaruh karena akan menggunakan teknologi 4nm Samsung? Chipset manakah yang akan memberikan performa terbaik? Apakah Exynos akan menyamai performa Snapdragon atau bisa melampauinya? Kita tunggu saja jawaban pastinya saat perilisannya nanti.

Baca:   Desain Samsung Galaxy S22 Series dengan Slot S Pen Khusus, Beginilah Jadinya Kalau Seri Galaxy S dan Note Bergabung!

Kalau ada pertanyaan atau komentar, kalian bisa komentar di kolom komentar dibawah, atau bisa tanya-tanya langsung di grup Telegram kita di link ini t.me/santertainmentindonesia. atau kalian bisa juga tanya langsung di DM Instagram kita, di @santertainment. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

error: Content is protected !!