6 Masalah di OneUI 2.0 Berbasis Android 10 di Samsung Galaxy S10+ dan Note10 Serta Cara Mengatasinya

Kali ini kita akan membahas tentang beberapa masalah setelah Update One UI 2.0 di handphone Samsung. Disini saya menggunakan handphone S10+ dan Note10 untuk sampel nya. Kemungkinan untuk device Samsung yang seri lain juga akan sama dan tidak jauh berbeda dengan handphone ini.

Sekarang mari langsung kita bahas satu persatu beberapa masalah di One UI 2.0 dan juga solusinya.

1. Samsung Pay Quick Access

Hal pertama yang nampak berbeda dan mungkin menjadi masalah bagi kalian yang baru update One UI 2.0 adalah munculnya shortcut untuk membuka aplikasi Samsung Pay di bagian bawah layar handphonenya. Shortcut ini secara otomatis muncul setelah baru update One UI 2.0 dan shortcutnya ini ada di home screen dan juga ada di posisi lock screen.

1. Samsung Pay Quick Access - 6 Masalah di OneUI 2.0 Berbasis Android 10 di Samsung Galaxy S10+ dan Note10 Serta Cara Mengatasinya

Kalau kalian merasa shortcut ini menggangu, apalagi kalau kalian pakai fullscreen navigation. Kalian bisa dengan mudah menonaktifkan fitur quick access Samsung Pay ini dengan membuka aplikasi Samsung Pay. Kemudian pilih menu option di bagian kiri atasnya. dan kemudian pilih setting dan kemudian pilih quick access. disini kalian bisa dengan mudah menonaktifkan fitur quick access Samsung Pay ini. Baik yang di lock screen maupun yang ada di home screen.

2. Remove Black Bar Below Keyboard (Hide Keyboard)

Masalah kedua yang mungkin kalian hadapi setelah update One UI 2.0 adalah munculnya bar hitam di bagian bawah keyboard. Bar hitam ini membuat posisi keyboard agak sedikit terangkat ke atas, dan kalau kalian sebelumnya biasanya mengetik di keyboard dengan posisi normal. Hal ini tentunya akan menjadi sedikit masalah saat mengetik.

2. Remove Black Bar Below Keyboard (Hide Keyboard) - 6 Masalah di OneUI 2.0 Berbasis Android 10 di Samsung Galaxy S10+ dan Note10 Serta Cara Mengata

Untuk menghilangkan bar hitam di bawah keyboard ini sangat mudah. Tinggal masuk ke setting. Kemudian pilih display terus pilih yang navigation bar. Dan disini tinggal di nonaktifkan tombol “show button to hide keyboard” di bagian bawahnya.

Tapi sebenarnya kalau kalian menggunakan beberapa keyboard dan sering ganti-ganti. Bar hitam ini harus kalian munculkan, karena tombol quick switch keyboard nya ada di sebelah kiri bar hitam ini.

3. Recent Apps Swipe Right on Navigation Bar

Masalah ketiga adalah hilangnya fitur akses recent apps dengan swipe right di navigation bar. Kalau sebelumnya di One UI versi 1.5 di Note10. Kalian bisa mengakses recent apps atau aplikasi terakhir dengan swipe dari tombol home ke arah kanan. Disini kalian bisa juga mengakses beberapa aplikasi terakhir lainnya dengan swipe ke kiri atau kanan dengan mudah. Setelah update One UI 2.0 terbaru, fitur ini sudah hilang dan tidak bisa digunakan lagi.

3. Recent Apps Swipe Right on Navigation Bar - 6 Masalah di OneUI 2.0 Berbasis Android 10 di Samsung Galaxy S10+ dan Note10 Serta Cara Mengatasinya

Untuk solusinya, yang paling mirip dengan fitur lama ini adalah dengan mengaktifkan full navigation gesture. Kalian bisa mengaktifkannya di setting. kemudian pilih display dan aktifkan full screen gestures. untuk experiece penggunaan yang mirip dengan fitur sebelumnya, kalian aktifkan juga pilihan gesture hints. dengan setting seperti ini, kalian sudah bisa buka aplikasi-aplikasi sebelumnya dengan mudah bahkan juga bisa swipe ke kiri atau ke kanan. Kalau gesture hintsnya tidak diaktifkan, kalian tidak bisa akses recent apps seperti cara tadi. tapi sebenarnya kalian juga bisa mengakses recent apps dengan teknik swipe cepat. Kalau mau pindah kiri kanan jadinya harus di tahan dulu beberapa detik seperti biasa.

Baca:   22 Fitur Baru di Android 10 - One UI 2.0 di Samsung Galaxy S10 Plus - Sebelum Update HARUS Cek Dulu!

4. Google Assistant Access in Fullscreen Mode

Masalah selanjutnya adalah tidak bisa akses Google Assistant dengan swipe up & hold. Kalau di One UI versi sebelumnya, kalian bisa mengakses Google Assistant dengan swipe up dan hold beberapa saat. Setelah update One UI 2.0, cara aksesnya sudah sedikit berbeda. Karena saat swipe up & hold fungsinya sudah berubah untuk akses recent apps bukan akses Google Assistant seperti di One UI sebelumnya. Solusinya setelah update One UI 2.0 kalian bisa akses Google Assisten dengan swipe up dari ujung kiri bawah atau ujung kanan bawah layarnya.

Kalau handphone Samsung kalian punya dedicated bixby button seperti di Samsung S10+ ini. Kalian bisa juga remap button bixby nya untuk akses Google Assistant dan tentunya ini jauh lebih mudah. Kalau kalian belum tau cara remap bixby button di Samsung Galaxy S10+ untuk membuka aplikasi Google Assistant. kalian bisa lihat tutorialnya di video kita sebelumnya di link sudut kanan atas video ini.

5. Wallpaper Motion Effect

Masalah selanjutnya adalah hilangnya fitur 3D motion effect saat set wallpaper. Buat yang belum tahu, motion effect ini adalah fitur untuk membuat wallpaper menjadi terlihat ada efek 3D saat di gerakknya. Kalau di One UI versi sebelumnya, saat mengganti wallpaper akan muncul setting motion effect di bagian bawahnya. Tapi di update terbaru One UI 2.0 kali ini tidak terdapat lagi pilihan motion effect tersebut. Akan tetapi, di update terbaru ini malah ada fitur untuk menggeser posisi wallpaper dan bahkan bisa juga zoom in dan zoom out untuk posisi wallpapernya.

5. Wallpaper Motion Effect - 6 Masalah di OneUI 2.0 Berbasis Android 10 di Samsung Galaxy S10+ dan Note10 Serta Cara Mengatasinya

Kalau di versi sebelumnya wallpapernya sudah fixed dan tidak bisa diubah-ubah lagi posisinya. Solusi untuk motion effect ini sampai video ini diupload belum ada. Dan kalau sudah ada akan kita update lagi di grup telegram atau instagram. Untuk yang mau join grup telegram bisa cek linknya di deskripsi video ini.

6. Swipe to Change Weather Location

Masalah terakhir yang terlihat cukup simple adalah hilangnya fitur swipe untuk mengganti kota di widget Weather. Kalau kalian sering pindah-pindah lokasi, fitur ini mungkin sebenarnya cukup penting juga. Di One UI 1.5 sebelumnya kalian bisa dengan mudah set beberapa kota dan untuk cek perkiraan cuacanya kalian tinggal swipe saja widget homescreenya. Sedangkan di One UI 2.0 ini hal ini tidak bisa dilakukan lagi. Kalau kalian masuk ke aplikasinya juga tidak bisa swipe ke kanan dan kiri untuk mengganti kotanya. Mudah-mudahan akan ada solusinya di update selanjutnya. Atau kalau ada cara alternatif yang lain akan kita update juga.

Mungkin kita update via grup telegram atau instagram saja kalau ada update-update singkat dan tidak terlalu panjang. Buat kalian yang belum gabung bisa join grup telegram kita di sini: t.me/santertainmentindonesia.

Dan itulah dia beberapa masalah yang saya temukan di update terbaru One UI 2.0 kali ini. Kalau kalian ada masalah lain di One UI 2.0 yang belum ada solusinya mungkin bisa kalian tambahkan di kolom komentar di bawah. Akan kita coba cari solusinya sama-sama di kolom komentar.

error: Content is protected !!