5 Fitur Rahasia dan Tersembunyi Android 10 di Update Terbaru OneUI 2.0 di HP Samsung S10+ dan Note10

Kali ini kita akan membahas tentang 5 fitur rahasia yang kemungkinan belum kalian ketahui di OneUI 2.0 yang berbasis Android 10 terbaru. Sebelumnya kita juga sudah bahas tentang 22 fitur terbaru di update Android 10 di One UI 2.0 dan juga beberapa cara mengatasi beberapa masalah setelah update ini. Buat yang belum baca bisa cek di artikel sebelumnya di bawah ini.

Baca:   6 Masalah di OneUI 2.0 Berbasis Android 10 di Samsung Galaxy S10+ dan Note10 Serta Cara Mengatasinya
Baca:   22 Fitur Baru di Android 10 - One UI 2.0 di Samsung Galaxy S10 Plus - Sebelum Update HARUS Cek Dulu!

Ok, Sekarang mari langsung saja kita lihat satu persatu, 5 fitur rahasia yang ada di OneUI 2.0 berbasis Android 10 ini.

1. Force Dark Mode

Fitur tersembunyi pertama di update terbaru Android 10 OneUI versi 2.0 ini adalah fitur yang bisa mengaktifkan mode “Dark Mode” ke semua aplikasi. kalau sebelumnya dengan mode dark mode biasa, hanya akan support untuk beberapa aplikasi saja, akan tetapi dengan mengaktifkan Force Dark Mode ini, kalian bisa mendapatkan tampilan dark mode yang lebih menyeluruh ke hampir semua aplikasi di handphone kalian. untuk mengaktifkan mode ini kalian harus mengaktifkan developer mode terlebih dahulu dengan masuk ke setting, kemudian pilih about phone dan pilih software information. Di sini kalian tinggal tap 7 kali di build number secara cepat. kemudian masukkan PIN yang kalian set untuk unlock handphone kalau diminta. karena disini saya sudah pernah mengaktifkannya jadi tidak keluar lagi pilihannya.

Kemudian setelah mode developernya aktif, sekarang kembali ke menu setting sebelumnya di bagian paling bawah kalian akan menemukan menu yang baru yaitu “Developer options”. Sekarang masuk ke setting developer options ini dan scroll ke bawah hingga kalian melihat option option “Force Dark mode”. Supaya setting di developer option ini berjalan. handphonenya harus di-restart terlebih dahulu. setelah restart, sekarang kalian bisa membuka aplikasi-aplikasi yang sebelumnya belum support Dark mode menjadi support Dark mode. Walaupun mungkin memang fitur ini belum bisa sepenuhnya sempurna di semua aplikasi, tapi paling tidak kebanyakan aplikasi akan bisa dipaksa untuk Dark mode dengan fitur rahasia ini.

2. Faster Animation Speed 0.5x

Fitur rahasia yang kedua adalah fitur di Android 10 yang bisa mempercepat efek animasi menjadi lebih cepat lagi. Setelah update One UI versi 2.0 berbasis Android 10 ini, Kalian akan mendapatkan efek animasi saat buka tutup aplikasi yang lebih smooth dan fluid. Akan tetapi, kalau Kalian ingin mempercepat proses animasi ini saat buka atau tutup aplikasi ini. kalian bisa setting di developer option juga. Tinggal masuk ke setting kemudian pilih developer option. kemudian scroll dan cari pilihan “Window animation scale” dan set dari 1x menjadi 0.5x. Set juga “Transition duration scale” dan “Animation duration scale” menjadi 0.5x juga. Dengan set kecepatannya ini menjadi setengah, kecepatan proses animasi saat kalian buka tutup aplikasi akan jauh terasa lebih cepat dari sebelumnya tanpa menghilangkan efek animasinya.

3. Change Icon Shape

Fitur tersembunyi yang ketiga adalah pilihan untuk mengganti icon di Android 10 di OneUI 2.0 di Samsung Galaxy S10 Plus ini. Untuk mengganti bentuk icon yang lain ini, kalian juga bisa set hal ini di setting dan pilih developer option. Kemudian scroll ke pilihan icon shape di bagian paling bawahnya. Di sini akan terdapat beberapa pilihan bentuk icon. Ada Square, Teardrop, Squircle, dan Rounded Rectangle.

Kalian bisa set pilihannya dengan bentuk icon yang kalian suka, misalnya disini kita pilih yang bentuk Teardrop. kemudian kalian harus restart lagi handphonenya supaya perubahannya terjadi. Setelah restart, icon akan berubah sesuai dengan bentuk yang kalian pilih. Hanya saja sayangnya tidak seluruh icon dari aplikasinya mengikuti settingan ini dan masih ada beberapa aplikasi yang tidak mengikuti perubahan yang sudah kita pilih ini.

4. Download All Images on Samsung Internet Browser

Fitur yang ke-4 adalah fitur tersembunyi di aplikasi Browser bawaan Samsung. Di aplikasi Samsung Browser ini terdapat fitur yang bisa mendownload seluruh foto dari satu halaman website sekaligus. Untuk mendownload seluruh foto kalian tinggal hold di salah satu foto, kemudian pilih save all images on this page. Setelah itu akan muncul seluruh foto di halaman tersebut yang bisa kalian download sekaligus. Kalian juga bisa seleksi foto mana saja yang ingin kalian skip. Setelah itu tinggal klik download dan semua fotonya sudah terdownload di aplikasi galeri.

5. Advanced Device Care Options

Fitur yang ke-5 adalah fitur advanced di Setting Device Care. Di dalam fitur tersembunyi ini kalian bisa set schedule untuk optimisasi handphone, restart, dan juga optimisasi lanjutan lainnya yang otomatis berjalan saat handphone tidak digunakan di malam hari. Untuk fitur optimisasi handphone otomatis ini kalian bisa memilih jam tertentu setiap harinya saat biasanya handphone sedang tidak digunakan.

Untuk setting restart otomatis bisa kalian pilih jam dan hari apa saja di setiap minggunya kalian mau handphonenya di restart, minimal sekali seminggu. Di bagian optimize setting yang terakhir juga ada pilihan untuk mengurangi kecerahan layar, screen timeout, dan juga volume media di malam hari saat handphone tidak digunakan secara otomatis.

Dan Itulah dia 5 fitur rahasia yang mungkin belum Kalian ketahui di OneUI versi 2.0 berbasis Android 10 terbaru.

Oh ya, satu lagi harap berhati-hati saat mengaktifkan fitur yang ada di nomor 1,2 dan 3 yang mengharuskan masuk ke developer mode, supaya tidak mengubah setting-setting lainnya yang tidak Kalian mengerti. Kalau ada fitur yang tidak sengaja terubah saat mencoba tutorial ini. Kalian bisa menonaktifkan saja fiturnya kalau kalian masih ingat atau kalau mau lebih amannya, Kalian bisa nonaktifkan saja seluruh fitur developer mode ini dengan switch off tombol di bagian paling atasnya. Tentunya dengan mematikan seluruh mode developer ini, fitur nomor 1,2 dan 3 tidak dapat berjalan.

Kalau kalian ada pertanyaan tentang 5 fitur ini atau tentang fitur dan masalah lainnya di Android 10, kalian bisa sampaikan di kolom komentar di bawah. Kita akan coba pecahkan sama-sama masalahnya. Siapa tau ada pengguna lain yang tahu solusinya. Buat yang mau tanya-tanya lebih jauh lagi mungkin bisa masuk ke grup telegram saja di link ini: t.me/santertainmentindonesia

error: Content is protected !!