20 Fitur TERBARU Setelah Update One UI 2.1 di Samsung Galaxy S10 dan Note10 Series – Sama dengan Fitur di Samsung S20!

Kali ini kita akan lihat apa saja fitur-fitur terbaru yang ada di update One UI 2.1 untuk Samsung Galaxy S10+ dan Note10. Semua fitur ini sudah dirasakan oleh pengguna Samsung Galaxy S20 sebelumnya, yang juga sudah sedikit kita bahas di artikel sebelumnya, buat yang belum lihat bisa cek artikelnya di sini:

Baca:   Fitur Baru OneUI 2.1 di Samsung Galaxy S20+ yang Belum Ada di OneUI 2.0 di Samsung S10+ dan Note 10+

Baiklah sekarang mari langsung saja kita lihat satu persatu apa saja fitur terbaru di update OneUI 2.1 di Samsung Galaxy S10+ dan Note 10 kali ini.

20 Fitur TERBARU Setelah Update One UI 2.1 di Samsung Galaxy S10+ & Note10

1. AR Emoji

Fitur baru pertama setelah update OneUI 2.1 di S10 Plus dan Note10 adalah fitur AR Emoji terbaru yang hadir dengan beberapa peningkatan seperti fitur edit manual dan juga improvement di fitur facial expression recognition.
Setelah update semua AR emoji yang sudah tersimpan akan terhapus ketika kalian membuka aplikasi AR Emoji.

2. Single Take

Yang kedua ini adalah fitur yang paling banyak dinanti dan ditunggu-tunggu, yaitu fitur Single Take yang diadopsi dari seri S20 series di aplikasi kameranya. sebelumnya mode ini hanya ada di seri S20 dan juga seri Galaxy Z Flip. Sekarang fitur ini sudah hadir di seri Note10 dan S10+. Fitur Single Take ini berguna buat kalian yang ingin merekam suatu momen yang berlangsung cepat. Jadi, nantinya dengan memanfaatkan mode Single Take ini, kalian langsung mendapatkan beberapa hasil foto dan video yang diambil secara otomatis dengan mode ini.

3. Pro Video

Selanjutnya ada fitur Pro Video, fitur ini sempat hilang di seri One UI 2.0 dan kembali dihadirkan di update One UI 2.1 kali ini. Fitur ini cukup berguna untuk rekam video sehingga kalian bisa lebih mudah setting manual untuk kameranya sesuai dengan hasil video yang kalian inginkan. Disini kalian bisa ubah setting ISO, aperture, shutter speed, AF atau manual Focus, dan juga setting white balancenya sesuai dengan mood video yang ingin direkam, bisa lebih warm atau lebih cool.

4. Timelapse for Night Time

Selanjutnya di update kali ini juga hadir fitur night hiperlapse mode, fitur baru ini membuat kalian bisa merekam mode timelapse menggunakan night mode. Jadi kalau sebelumnya night mode hanya bisa untuk foto, di update kali ini. sekarang fitur night mode juga sudah bisa untuk mode hyperlapse dengan tambahan night mode atau mode malam.

5. Recording 4K 60fps video with the front camera

Fitur baru selanjutnya adalah peningkatan kemampuan perekaman video di kamera depan. kalau sebelumnya kamera depan di Samsung Galaxy S10 dan Note 10 hanya bisa merekam video maksimal 4K 30 fps saja. Kali ini setelah update ternyata kameranya bisa merekam video hingga 4k 60 fps. ada juga pilihan full HD yang juga sudah bisa merekama dengan frame rate 60 fps. Ini adalah salah satu fitur yang cukup menggemberikan buat yang sering merekam video dengan kamera depan. sehingga dengan adanya fitur perekaman 60fps ini kalian bisa merekam video dengan lebih smooth dan bisa di edit slow motion dengan gerakan yang lebih mulus. Untuk update instagram fitur perekaman 4k 60fps ini juga cukup berguana karena bisa membuat hasil video yang diupload ke story instagram menjadi lebih smooth. Untuk contoh videonya mungkin nanti kita coba langsung di instagram. Kalau mau lihat contohnya nanti bisa follow akun instagram kita di @santertainment.

6. Smart Selfie Angle

Fitur baru selanjutnya di One UI 2.1 adalah Smart Selfie Angle. Fitur ini bisa kalian aktifkan di setting aplikasi kamera. Kalian bisa pilih mode foto dan klik di setting. kemudian di bawah pilihan shot suggestion akan ada menu baru yang bernama “Smart Selfie Angle”. kalau di One UI 2.0 sebelumnya mode selfie akan berada di posisi default, akan tetapi setelah fitur ini diaktifkan di One UI 2.1, kamera depan akan otomatis berubah ke mode yang lebih lebar kalau terdeteksi ada 2 orang atau lebih di dalam frame nya. Fitur ini akan cukup berguna saat kalian mengambil foto selfie dengan 2 orang atau lebih.

7. Selfie Tone

Fitur selanjutnya juga masih berhubungan dengan foto selfie. Setelah update terbaru ini kalian akan menemukan sebuah fitur di setting aplikasi kamera yang bernama “Selfie Tone”. Dengan fitur “Selfie Tone” ini, kalian bisa langsung set tone warna untuk foto selfie dengan pilihan cool untuk warna yang agak lebih biru, original untuk warna standar dan warm untuk foto selfie yang nampak agak lebih kuning. Fitur ini akan langsung otomatis berfungsi saat kamera mendeteksi ada wajah di dalam frame.

8. Switch between Front and Rear Camera while Recording

Fitur yang tak kalah menarik selanjutnya adalah fitur ganti kamera depan ke kamera belakang secara langsung tanpa perlu stop proses perekaman video. Jadi setelah update One UI 2.1 ini kalian bisa langsung merekam video dengan kamera belakang dan switch ke kamera depan secara langsung dan perekeman videonya juga akan terus berlanjut. Ini adalah fitur yang sangat berguna, misalnya kalian ingin upload video ke instagram dengan resolusi 4k 60fps supaya lebih mulus, jadi kalian bisa rekam dulu dari aplikasi kamera dengan menggunakan kamera depan dan saat perekaman, kalian bisa langsung ganti ke kamera belakang dan langsung terekam dalam satu video.

9. My filters

Fitur selanjutnya adalah adanya menu baru “My filters”. Kalau di versi One UI 2.0 sebelumnya, fiturnya hanya ada filters dan beauty effect saja. Sedangkan setelah update One UI 2.1, akan ada fitur My filters yang bisa digunakan untuk set filter berdasarkan filter yang sudah ada di foto. Di setting bawaanya ada beberapa contoh foto yang sudah ada filternya. Disini tinggal pilih salah satu fotonya, kemudian foto yang akan diambil akan menyesuaikan warna filter sesuai dengan contoh foto yang dipilih. kalian juga bisa pilih foto dari galeri yang sudah kalian edit sebelumnya. sehingga filternya akan langsung mengikuti hasil editan tersebut. Nantinya setelah di set, disini kalian bisa pilih filter yang ingin digunakan sesuai dengan filter di fotonya. Dan disini kalian bisa juga set intensitas filternya.

10. AR Zone

AR Zone adalah fitur baru setelah update One UI 2.1. Kalau sebelumnya hal ini berada di dalam aplikasi kamera, sekarang setelah update fitur AR Zone ini langsung hadir dengan sebuah aplikasi khusus yang bisa diakses langsung dari luar aplikasi kameranya. Di dalam AR Zone ini terdapat fitur AR Emoji Camera, AR doodle, AR Emoji Studio dan juga fitur-fitur AR lainnya yang sekarang akan berada di satu aplikasi ini saja.

11. Group Similar Images on Gallery

Selanjutnya fitur baru juga kita temukan di aplikasi galeri setelah update One UI 2.1. Di galeri terbaru ini sekarang akan langsung menggabungkan beberapa foto yang mirip di dalam sebuah tampilan grup yang sama di galeri supaya lebih mudah dilihat. Di galeri terbaru ini kalian juga langsung bisa menggabungkan beberapa album sekaligus.

12. Quick Crop

Selain itu ada juga fitur crop cepat yang bisa langsung digunakan untuk crop foto high-resolution di galeri. Kalau di versi sebelumnya untuk crop foto kalian harus buka foto, kemudian tekan tombol edit, sesuai ukuran dan save. Setelah update terbaru kali ini untuk crop foto kalian bisa langsung zoom di foto yang ingin di crop tanpa masuk ke setting, dan langsung klik tombol crop di bagian kanan atas layarnya. Dan kemudian foto nya pun akan otomatis tercrop dan tersimpan di galeri. Ini tentunya akan membuat proses crop foto menjadi lebih cepat dan lebih mudah lagi dari sebelumnya.

13. Quick Share

Fitur baru Quick share setelah update One UI 2.1 bisa diakses langsung melalui notification barnya. Fitur ini fungsinya untuk share file sesama HP yang memiliki fitur Quick Share ini. Dengan fitur ini, share file dengan kapasitas besar bisa dilakukan dengan jauh lebih cepat dan mudah.

14. Music Share

Fitur Music Share di Update OneUI 2.1 juga bisa langsung diakses dari notification bar. Fitur ini fungsinya untuk sharing music ke speaker bluetooth dari sebuah HP kedua lainnya. Setelah sebuah smartphone dengan fitur music share ini kita aktifkan dan sudah terkoneksi dengan sebuah speaker bluetooth. Satu HP lainnya dari teman kalian bisa langsung kalian koneksikan ke bluetoothnya sehingga kedua HP ini bisa menggunakan speaker bluetoothnya secara bergantian. saat salah satu HP menghidupkan music, HP yang satu lagi akan musiknya akan berhenti dan begitu juga sebaliknya.

15. Screen Zoom

Fitur selanjutnya adalah sedikit tambahan di setting screen zoom. Untuk kalian yang ingin tampilan di smartphone sedikit lebih besar untuk semua tulisan-tulisannya. Sekarang di update terbaru kali ini. setting screen zoom bisa kalian setting dengan pilihan yang lebih detil dengan 5 pilihan zoom, sedangkan sebelum update kalian hanya bisa setting ke 3 pilihan zoom setting saja.

16. Change Text Background

Fitur yang selanjutnnya ada di aplikasi SMS. Di aplikasi sms setelah update terbaru ini kalian bisa ganti background untuk masing-masing conversationnya. Untuk menggantinya tinggal pilih pesannya dan klik di option di 3 titik sudut kanan atas layar dan pilih costumize wallpaper. Disini, kalian bisa pilih warna wallpaper sesuai dengan yang kalian inginkan. kalina juga bisa set contrastnya untuk warna text nya ingin lebih putih atau lebih hitam. Selain mengganti warna, disini kalian juga bisa menggantinya dengan foto apa saja yang kalian inginkan dari galeri.

17. Multilingual translation on Keyboard

Selanjutnya fitur terbaru di OneUI 2.1 ada di bagian Samsung Keyboard. Setelah update ini terdapat update fitur auto translate terbaru yang bisa otomatis langsung digunakan di bagian keyboardnya dengan memilihnya di option dan pilih menu translate. Disini kalian bisa langsung mengetik bahasa isi sms nya dan memilih translate nya dari bahasa apa dan akan ditranslae ke bahasa apa. Di contoh ini kita coba ketik dalam bahasa inggris dan pilih hasil translatenya bahasa indonesia. Disini hasil translatenya akan langsung muncul setelah kalian menekan tombol enter di keyboardnya. Ini akan cukup berguna kalau kalian ingin mengirim sms dengan orang lain dengan bahasa yang berbeda secara otomatis.

18. Open Samsung Pass on Keyboard

Di update kali ini di bagian keyboardnya juga terdapat fitur Samsung Pass, yang bisa langsung kalian akses dari keyboardnya. Kalau kalian sering menggunakan Samsung Pass untuk save password, tambahan fitur ini di bagian keyboard tentunya akan sangat berguna.

19. Search for Emojis and Stickers on Keyboard

Masih di bagian menu keyboard, di update kali ini juga terdapat fitur search yang bisa kalian gunakan untuk mencari emoji atau sticker yang akan muncul sekaligus di bagian search ini sesuai dengan emoji dan stickers yang sudah didownload di hp kalian.

20. Undo/redo features on Keyboard

Fitur selanjutnya di Samsung Keyboard setelah update terbaru ini adalah fitur swipe left dengan dua jari untuk undo kata diketik dan bisa juga redo untuk memunculkannya kembali dengan swipe right dengan dua jari ke arah kanan. Jadi, kalau ingin hapus kata terakhir atau undo tinggal swipe kiri dengan dua jari, dan untuk memunculkannya kembali atau redo tinggal swipe ke kanan dengan dua jari.

Dan itulah dia 20 fitur-fitur terbaru yang kami temukan setelah update One UI 2.1 di samsung galaxy s10+ dan Note 10. Jadi Man fitur yang paling berguna dan menjadi favorit kalian? silahkan share jawabannya di kolom komentar di bawah.

Kalau kalian ingin tanya-tanya lebih jauh tentang smartphone dan juga teknologi terbaru lainnya, silahkan join ke grup telegram kita di link berikut: t.me/santertainmentindonesia . Kalian juga bisa juga tanya langsung di akun instagram kita di @santertainment. disana kita juga sering update hal-hal baru tentang smartphone dan teknologi.

error: Content is protected !!