11 Tips Mempercepat Performa HP Setelah Update OneUI 2.0 – Ikuti Cara Ini, HP Langsung Lebih NGEBUT!

kali ini kita akan membahas tentang trik untuk mempercepat kinerja handphone Samsung setelah update ke One UI 2.0. Di video tutorial ini saya menggunakan salah satu smartphone Samsung midrange terbaru Samsung A51. Akan tetapi, tentunya tips ini juga bisa diaplikasikan ke sebagian besar smartphone Samsung yang menggunakan OneUI 2.0. Bahkan mungkin ada beberapa poin yang bisa diterapkan di OneUI seri sebelumnya juga. Tips ini khususnya untuk kalian yang menggunakan smartphone midrange Samsung dan merasa performanya kurang maksimal.

Cara Meningkatkan Performa HP Samsung A51 Setelah Update OneUI 2.0.00_00_09_36.Still004

Ok, sekarang mari langsung saja kita cek satu persatu cara untuk mempercepat kinerja smartphone midrange Samsung setelah update OneUI 2.0.

1. Faster Fingerprint Speed

Untuk smartphone dengan in-display fingerprint seperti di Samsung A51, kecepatan fingerprint masih terasa agak lama, apalagi kalau kalian sering pakai in display fingerprint di smartphone seri flagship. Untuk mempercepat kinerja sensor fingerprint ini ada tips yang cukup berguna buat kalian. Pertama, masuk ke “setting” kemudian pilih “Biometrics and security”, kemudian pilih yang “fingerprints”. Disini kalian tinggal menambahkan satu sidik jari atau fingerprint yang sama dengan yang sudah kalian tambahkan sebelumnya. Hal ini kita lakukan supaya sensornya bisa mendeteksi fingerprintnya secara lebih cepat dan akurat lagi dari sebelumnya.

2. Window Animation Scale

Kemudian selanjutnya hal kedua yang mungkin terasa agak lambat setelah update OneUI 2.0 adalah display animasinya, khususnya saat buka atau tutup aplikasi. Kalau kalian merasa respon animasinya membuat kinerja smartphone kalian menjadi lebih lambat saat buka atau tutup aplikasi, kalian bisa mempercepat animasi ini di bagian “developer options”. Untuk mengaktifkan “developer options” ini kalian harus buka dulu “setting”, kemudian pilih yang “about phone” di bagian paling bawah dan kemudian pilih “software information” dan disini kalian tinggal tap 7 kali secara cepat di bagian build numbernya, sampai nantinya keluar tulisan “Developer Mode has been turned on”.

Setelah mode developer ini aktif. Sekarang di bagian “Setting” akan ada pilihan “Developer Options” di bagian paling bawah. Disini sekarang kita bisa mengubah setting kecepatan animasi dengan mengubah settingnya di bagian setting “Window animation scale”, “transition duration scale”, dan “Animator duration scale”.

Kalian bisa set semua kecepatannya ini menjadi 0.5x dan kalian langsung melihat efeknya saat buka dan tutup aplikasinya yang langsung menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Kalau kalian mau benar-benar menghilangkan seluruh animasinya, kalian bisa juga set ketiga setting ini menjadi “Off” sehingga animasinya benar-benar tidak ada lagi. Tapi saya lebih prefer ke pilihan 0.5x saja supaya masih terasa efek animasinya.

3. Background Process Limit

Kemudian tips selanjutnya untuk mempercepat smartphone di OneUI 2.0 ini khususnya untuk yang smartphone dengan RAM yang tidak terlalu besar. kalau smartphone kalian sudah punya RAM 6GB ke atas mungkin tidak perlu mengubah setting ini. Tapi kalau smartphone kalian memiliki RAM yang kecil 4GB ke bawah. Kalian bisa ubah salah satu setting yang masih terdapat di bagian “developer options” ini.

Karena tadi kita sudah aktifkan developer mode, sekarang kita langsung bisa masuk ke “developer options” disini kita tinggal cari setting background process limit. ini fungsinya untuk membatasi proses aplikasi yang berjalan di background hanya sampai 4 saja. Dengan mengubah setting ini di smartphone Samsung dengan RAM yang tidak terlalu besar, kalian akan langsung merasakan kecepatan performa yang lebih ngebut saat membuka aplikasi.

4. Reduce Animation

Tips selanjutnya adalah mengurangi efek animasi yang terdapat di setting bawaannya di luar “developer options”. Setting ini bisa kalian temukan di bagian Setting, kemudian pilih “Advanced Features”. Disini tinggal aktifkan “Reduce animation” dan setting ini juga akan memberikan efek yang jauh lebih cepat saat buka dan tutup aplikasi. Ini akan membuat performa saat menggunakan smartphone ini juga akan menjadi lebih kencang.

5. Device Care > Auto Restart

Kemudian, tips yang ke-5 ada di bagian “Device Care”, di bagian “Device care” ini kalian bisa pilih setting tombol option di bagian kanan atas dan pilih “Advanced”. Di setting “Advanced” ini, kalian bisa aktifkan “Auto Restart” dan pilih jadwal restart smartphone yang bisa kalian set secara otomatis restart di hari dan jam tertentu. Disini kalian bisa pilih hari dan juga jam yang biasanya kalian sedang tidak menggunakan smartphonenya misalnya jam 3 pagi. Jadi, smartphone yang kalian gunakan saat pagi hari saat beraktifitas bisa langsung lebih kencang dan ngebut saat digunakan.

6. Device Care > Auto Optimization

Tips selanjutnya masih di bagian “Device care” di menu “Advanced” Device Care ini terdapat pilihan untuk otomatis optimasi smartphone yang bisa dijalan otomatis di waktu tertentu. Disini kalian bisa set jadwalnya misal jam 3 pagi dan aktifkan “Close apps to free up memory”. Dengan mengaktifkan setting “Auto optimization” ini, smartphone akan otomatis close aplikasi-aplikasi secara otomatis di waktu yang sudah kita tentukan.

Baca:   Fitur Baru OneUI 2.1 di Samsung Galaxy S20+ yang Belum Ada di OneUI 2.0 di Samsung S10+ dan Note 10+

7. Device Care > App power management

Kemudian tips selanjutnya juga ada di bagian Setting “Device care”. Setting ini bisa kalian temukan di bagian menu “Battery” dan kemudian pilih yang “App power management”. Di setting ini kalian pilih aktifkan “Put unused apps to sleep” kalau belum aktif kemudian pilih menu “Sleeping apps”.

Disini kemudian kalian tinggal tambahkan aplikasi-aplikasi yang jarang kalian gunakan sehari-hari. Dengan mengaktifkan setting ini, kalian bisa mempercepat kinerja smartphone kalian menjadi lebih baik dan optimal ke performa terbaiknya karena tidak terganggu dengan aplikasi yang sebenarnya tidak kalian gunakan tapi terus berjalan di background. Hal Ini juga tentunya bisa lebih menghemat baterai smartphone kalian.

8. Side Key Setting > Press and hold to shut down

Tips yang ke-8 termasuk cukup mudah dan simpel. Disini secara default di Samsung A51 ini, dan juga device Samsung terbaru lainnya secara umum. Saat kalian hold tombol power tidak akan langsung muncul menu untuk turn off dan restart smartphone, akan tetapi malah muncul Bixby. Memang sebenarnya terdapat pilihan turn off dan restart di bagian notification panel ini. Akan tetapi, ini akan menjadi lebih lambat apalagi kalau smartphone yang ingin kita restart atau turn off dalam posisi layar mati.

Untuk mengubah cara matikan dan restart smartphone menjadi seperti biasa di seri-seri sebelumnya. Kalian bisa masuk ke setting dan pilih “Advanced setting” kemudian pilih “Key-setting” di bagian paling atasnya. Disini kalian tinggal ubah “Press and Hold” dari “Wake Bixby” menjadi “Power off menu”. Setelah mengubah setting ini, sekarang kalian bisa turn off atau restart smartphone secara lebih cepat bahkan dari kondisi layar mati sekalipun.

9. Swipe down for notification panel

Tips selanjutnya adalah mengaktifkan swipe down for notification panel. Tujuannya tentunya adalah untuk mempercepat proses setting atau lihat notifikasi di bagian panel notifikasi ini. Kalau kalian belum mengaktifkan setting ini, kalian bisa masuk ke bagian setting dan hold di homescreen dan pilih “Home screen settings”, kemudian tinggal aktifkan “Swipe down for notification panel”. Setelah setting ini diaktifkan sekarang kalian bisa akses bagian “notification panel” secara lebih cepat.

10. Navigation Gesture

Tips selanjutnya ada di bagian setting “navigation gesture”. Kalau kalian sudah mencoba menggunakan “Full screen gestures” di OneUI 2.0 terbaru, tapi merasakan performa yang kurang cepat saat buka dan tutup aplikasi. Kalian bisa mencoba untuk mengubah cara navigasinya dengan memunculkan navigation buttons, setelah memunculkan navigation buttons, kalian merasakan performa saat buka atau tutup aplikasi akan terasa jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan “fullscreen navigation”.

Cara ubahnya tinggal masuk ke bagian setting, pilih display dan pilih “Navigation bar”. Aktifkan pilihan navigation button di bagian atas, dan proses buka tutup aplikasi pun akan terasa jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan “Full screen gestures”.

11. Disable Bixby on Homescreen

Selanjutnya ada juga tips untuk mempercepat performa di homescreen smartphone kalian. Secara default di bagian homescreen smartphone Samsung untuk layar yang sebelah kiri kalian akan selalu menemukan satu layar khusus untuk Bixby.

Kalau kalian tidak menggunakan fitur Bixby di smartphone Samsung, Kalian bisa menghilangkan menu Bixby ini dan mempercepat kinerja smartphone khususnya di bagian homescreen. Untuk menghilangkannya sangat mudah, tinggal swipe ke bagian paling kiri homescreen, dan pinch layarnya. Disini tinggal pilih pilihan untuk nonaktifkan menu Bixby di bagian atasnya dan sekarang homescreen pun menjadi lebih cepat dan rapi.

Dan itulah dia tips-tips dan setting yang bisa kalian aktifkan untuk membuat kinerja smartphone midrange Samsung, khususnya yang menggunakan OneUI 2.0 menjadi lebih cepat dan optimal dalam penggunaan sehari-sehari. Setelah melihat semua tips di video ini, mana tips yang belum kalian aktifkan di smartphone kalian sebelum menonton video ini? Silahkan share jawaban kalian di kolom komentar di bawah.

Kalau kalian ingin tanya-tanya lebih jauh tentang smartphone dan juga teknologi terbaru lainnya, silahkan join ke grup telegram kita di link berikut ini: t.me/santertainmentindonesia. Kalian bisa juga tanya langsung di akun instagram kita di @santertainment. Disana kita juga sering update hal-hal baru juga tentang smartphone dan teknologi.

error: Content is protected !!