Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro Indonesia Versi Resmi – Hijau Forest Green – Tes Kamera 64MP dan Game

Di artikel ini kita akan review handphone terbaru dari Xiaomi yang cukup ramai diperbincangkan, Xiaomi Redmi Note 8 Pro. HP dari Xiaomi ini dirilis pada bulan September 2019 dan launching resmi di Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2019. Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini hadir dengan processor terbaru hasil kerjasama Xiaomi dan Mediatek.

Processor ini dioptimisasi khusus untuk performa gaming yang cukup kencang untuk handphone harga 3 jutaan. Redmi Note 8 Pro hadir dengan 3 pilihan warna, ada warna putih, hijau, dan abu-abu. Kabarnya baru-baru ini juga sudah hadir pilihan warna biru untuk Redmi Note 8 Pro ini.

DISPLAY LAYAR – REDMI NOTE 8 PRO

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro Indonesia Versi Resmi - Hijau Forest Green - DISPLAY

Layar dari HP ini masih menggunakan tipe IPS LCD dengan notch tipe drop dot untuk kamera depannya. Layarnya tentunya sudah bezelles dengan bezel bawah yang nampak sedikit lebih lebar.

layar depannya sudah dilindungi oleh corning gorilla glass 5. begitu juga untuk bagian belakangnya juga sudah memakai proteksi gorilla glass 5. Ukuran layar dari Redmi Note 8 Pro ini 6.53″ dengan screen-to-body rationya 84.9%. resolusinya FHD 1080 x 2340 pixels dengan rasio 19.5:9 dan kerapatan pixel 395 ppi.

Layar dari Redmi Note 8 Pro ini juga hadir dengan maximum brightness mencapai 500 nits. Sehingga walaupun layarnya masih IPS, tapi masih terasa cukup nyaman digunakan di bawah sinar matahari sekalipun. Selain itu layarnya juga sudah support video HDR.

Respon multi touchscreen di redmi note 8 pro support hingga 10 jari. dan respon layarnya juga masih cukup responsive dan nyaman digunakan saat bermain game tanpa touch delay yang berarti.

Untuk melihat respon layarnya kalian bisa lihat hasil tes touch responsenya dengan aplikasi realdrum. Kalian nilai kecepatan respon touchscreen nya di video tes di akhir artikel ini.

BUILD QUALITY – REDMI NOTE 8 PRO

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro Indonesia Versi Resmi - Hijau Forest Green - BUILD QUALITY

Sekarang mari kita lihat build qualitynya. Handphone Redmi Note 8 Pro ini memiliki build quality yang nampak cukup premium untuk HP 3 jutaan.

Bagian depan dan belakangnya sudah dilapisi kaca gorilla glass 5 yang sudah lebih tahan terhadap goresan daripada material plastik.

Beratnya 200gr, dan kalau dipakai lama-lama lumayan terasa berat juga di tangan, mungkin agak lebih berat karena baterainya yang besar 4500mAH.

Di desain belakangnya nampak berbeda dari Redmi Note 8. Kalau di Redmi Note 8 kameranya langsung berbaris rapi 4 kameranya di sebelah kiri.

yang Redmi Note 8 Pro ini kameranya hanya terlihat 3 saja. Karena kamera macronya diletakkan di bawah lampu flash dan ukuran bingkai kameranya juga nampak lebih kecil.

di bagian bawah 3 kameranya terdapa fingerprint dengan desain bulat mengikuti bentuk kameranya.

Untuk amera bumbnya terlihat memang agak tebal. tapi karena posisinya di tengah. jadinya tidak terlalu terasa menggaknggu saat mengetik di atas meja.

Apalagi kalau sudah dipakaikan casing. akan terasa nyaman-nyaman saja.

di bagian bawah kamera dan fingerprint ada tulisan 64MP AI Super Camera dan juga tulisan Redmi di bagian bawahnya lagi yang ditulis secara vertical.

Dimensi handphone ini terlihat cukup besar, dengan tinggi 16.14cm, lebar 7.64cm dan tebal 0.88cm.

Dengan tebal 0.88cm dan dimensi yg lumayan besar,handphone ini masih terasa cukup enak di genggaman karena sudut belakangnya sudah di desain melengkung.
Saat menambahkan casing bawaannya, handphone ini akan terasa lebih tebal dibandingkan tanpa menggunakan casing.
kalau kalian merasa tidak nyaman dengan ketebalan handphone nya saat menggunakan casing bawaan,
saya menyarankan untuk mencari case yang sedikit lebih tipis.

setelah menggunakan handphone ini selama hampir 2 mingguan. saya merasa posisi fingerprintnya bisa diraih dengan cepat dan juga bisa dibedakan dengan mudah dari kamera-kamera di atasnya.
walaupun bentuknya sama-sama bulat. desain fingerprint yang agak ke dalam juga cukup membantu untuk membedakannya dalam hal ini.

Speaker di Xiaomi ini hanya terdapat satu saja di bagian bawah dan belum stereo.
di sampingnya ada mic, port USB type C, dan headphone jack 3.5mm.
di bagian atas juga terdapat lubang mic dan juga infrared sensor untuk remote.
di bagian kanan seperti biasa ada tombol volume dan tombol power.

Kualitas suara speakernya bisa kalian dengarkan di video review di akhir artikel ini.

Di sebelah kirinya ada slot dual nano sim hybrid tanpa slot Micro SD card dedicated untuk memory.

kalau kalian hanya pakai satu kartu saja atau pakai 2 kartu tapi tidak perlu pakai Micro SD, hal ini tidak akan menjadi masalah.

KONEKTIVITAS – REDMI NOTE 8 PRO

HP ini hadir dengan koneksi 4G LTE dan Bluetooth 5.0. HP ini sudah menggunakan OS terbaru Android Pie 9.0 dengan User Interface bawaannya MIUI 10.

Akan tetapi beberapa hari lalu sudah mendapatkan update MIUI 11 terbaru. Untuk unit yang kita review ini hadir dengan RAM 6GB dan Internal 64GB.

Untuk sensor-sensor yang terdapat di HP ini. kalian bisa cek di tampilan sensor box di video review di bawah

PERFORMA – REDMI NOTE 8 PRO

Sekarang kita akan bahas tentang performanya, handphone ini hadir dengan baterai berkapasitas 4500mAH yang terasa cukup hemat dalam penggunaan sehari-hari. Bahkan saat mencoba bermain game beratpun di handphone ini. baterainya bisa bertahan sampai 8 jam dan masih bersisa 15%.

Untuk proses pengecasan handphone ini sudah mendukung fast charging 18 Watt dan di dalam box pembelian juga sudah tersedia adapter 18 Watt nya jadi tidak perlu dibeli lagi secara terpisah.

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro Indonesia Versi Resmi - Hijau Forest Green - PERFORMANCE

Saat tes bermain game berat di handphone ini, panas dari handphonenya terasa masih dalam tahap yang wajar. bagian yang terasa panasnya itu hanya berada di bagian sebelah kiri kameranya saja dan untuk bagian lain sama sekali tidak terasa panas.

Saat bermain game pun kita pastinya jarang memegang bagian tersebut jadi bagi saya pribadi suhu dari handphone ini masih wajar dan tidak menjadi masalah.

Handphone lain pun dengan processor snapdragon sendiri untuk device flagship belasan juta juga pasti suhunya akan meningkat kalau dipakai untuk performa tinggi terus menerus, apalagi untuk game berat.

HP ini hadir dengan chipset Mediatek Helio G90T, dan GPU Mali-G76 MC4. Untuk melihat bagaimana performa dari handphone ini, kita akan coba tes benchmark dan antutu untuk Redmi Note 8 Pro ini.

Baca:   Unboxing Xiaomi Redmi Note 8 Versi Rilis Resmi Indonesia Warna Hitam (Space Black) Beli di Mi Store

Berikut adalah hasil tes geek benchmark dan antutu untuk Redmi Note 8 Pro. Dan selanjutnya, ini adalah hasil tes kecepatan respon gyroscope nya. Saat bermain game berat di processor Mediatek Helip G90T ini, saya merasa performanya hampir bisa menyamai flagship 10 jutaan ke atas. bermain game PUBG dengan settingan smooth extereme sudah terasa sangat playable dan smooth tanpa lag sama sekali.

kalau kalian biasa bermain game ini di handphone 2 jutaan dengan snapdragon 660 atau 665. saat bermain di handphone redmi note 8 pro ini akan sangat terasa perbedaan yang terasa cukup signifikan.

kalian bisa cek contoh gameplay saat bermain game PUBG mobile dengan setting smooth extreme di video akhir artikel ini.

KAMERA – REDMI NOTE 8 PRO

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro Indonesia Versi Resmi - Hijau Forest Green - CAMERA

Untuk kamera, Redmi Note 8 Pro hadir dengan 4 kamera belakang,
kamera wide (26mm) 64MP dengan aperture f/1.9,
kamera ultrawide (13mm) 8MP f/2.2,
kamera macro 2MP f/2.4
dan kamera depth sensor 2MP f/2.4
kamera belakangnya bisa merekam video 4K 30 fps dan juga Full HD hingga 60 fps.
Untuk video slow motion terdapat pilihan 120fps, 240fps dan juga maksimal hingga 960fps.
Kamera utama dari Xiaomi Redmi Note 8 Pro juga hadir dengan Mode Malam yang cukup berguna saat foto di malam hari. Ini adalah beberapa contoh foto malam dengan menggunakan handphoneRedmi Note 8 Pro.

Untuk foto dengan kondisi cahaya cukup terlihat lumayan bagus untuk kamera handphone 3 jutaan dengan resolusi 64MP ini. Foto HDRnya juga nampak cukup bagus dalam mempertahankan detil awan dan langit di foto ini.

Kadang kadang memang di beberapa kondisi nampak fitur HDRnya sedikit kesulitan mempertahankan detil di background belakang foto dengan kondisi backlight seperti di contoh foto ini. bagian belakangnya juga sedikit nampak overexposed di sebelah kirinya. Akan tetapi secara keseluruhan hasilnya sudah cukup baik.

Untuk penggunaan AI di handphone ini juga cukup membantu untuk membuat hasil foto lebih nampak cerah dam colorful. Di contoh foto ini terlihat saat AI kita aktifkan, saturasi warna rumput akan dinaikkan dan nampak lebih hijau dan menarik.

Secara keseluruhan, hasilnya fotonya sudah cukup bagus dengan sensor terbaru 64MP di redmi note 8 pro ini. Apalagi kalau mengingat harganya hanya 3 jutaan saja.

Untuk lensa macronya, saya masih kesulitan mendapatkan hasil foto yang baik dengan lensa macro 2MP ini. walaupun jarak fokusnya bisa cukup dekat, akan tetapi hasil fotonya terlihat tidak terlalu detil walaupun sudah memanfaatkan cahaya natural dari matahari sore di foto ini. Nampaknya memang lensa dengan ukuran kecil ini membutuhkan cahaya yang cukup banyak untuk hasil yang lebih optimal. Tapi yang jelas dalam penggunaan sehari-hari saya rasa lensa ini adalah lensa yang akan paling jarang digunakan. Tapi siapa tau akan berguna di saat-saat tertentu. Jadi saat tiba-tiba kalian butuh, fitur lensa makronya sudah ada.

Selanjutnya ada fitur kamera yang cukup menarik untuk kita bahas yaitu mode foto resolusi tinggi 64MP. Untuk kamera di handphone 3 jutaan, kualitas hasil foto di handphone ini bisa dibilang sudah cukup baik dan di atas rata-rata kompetitor lainnya di harga yang sama. Fitur 64MP di handphone menambah daya tarik di handphone ini karena kalian bisa mendapatkan hasil foto yang bisa di zoom dengan mudah tanpa kehilangan detil-detil di fotonya. untuk handphone dengan harga 3 jutaan ini adalah suatu fitur yang cukup penting dan paling berguna di penggunaan kalian sehari-hari.

Untuk hasil perekaman video dengan kamera belakang hasilnya dibawah ekspetasi. saat merekam video kameranya akan kesulitan mengatur auto white balancenya dan perubahan exposurenya juga terlihat cukup ekstrim dan sangat tidak nyaman untuk dilihat. semoga saja nantinya ada update software terbaru untuk optimisasi permasalahan ini.

Di video review di bawah terdapat contoh foto dengan kamera belakang di kondisi malam hari dengan berbagai mode. Untuk foto malam hari di redmi note 8 pro terlihat biasa saja. Foto di malam hari dengan mode night mode akan sedikit membantu meningkatkan detil fotonya menjadi sedikit lebih baik khususnya di bagian lampu-lampunya.

Di video review di bawah juga terdapat hasil foto dan video dari kamera depannya. Untuk hasil foto dan video kamera depannya kalian bisa menilai sendiri dari beberapa contoh ini bagaimana hasil dari foto dan video menggunakan kamera 20 MP f/2.0 di Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini.

FITUR LAIN – REDMI NOTE 8 PRO

Fitur-fitur menarik lainnya dari Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini selain kamera 64 MP nya adalah hadirnya support HDR video dan juga widevine L1 hal ini adalah fitur yang cukup penting buat yang suka nonton Netflix dengan resolusi maksimal Full HD.

KESIMPULAN – REVIEW REDMI NOTE 8 PRO FOREST GREEN

Jadi kesimpulannya, Handphone redmi note 8 pro ini cocok buat yang kalian yang ingin memiliki handphone dengan baterai besar, performa kuat dan ngebut untuk menjalankan game berat, kamera dengan resolusi tinggi dan tentunya dengan harga terjangkau.

Buat kalian yang masih butuh handphone dengan lampu led notifikasi, handphone ini juga masih menghadirkannya di bagian kanan kamera depannya.

Dengan baterai besar 4500mAH, Handphone ini juga sangat cocok untuk kalian yang butuh satu handphone backup, khusus untuk bermain game dengan harga yang lumayan terjangkau. Walaupun harganya terjangkau, performa gamingnya juga cukup ngebut dan tidak terlalu beda jauh dengan device flagship 10 jutaan ke atas.

Untuk kekurangannya, dengan berat 200 gram, handphone ini terasa sedikit lebih berat dan tidak terlalu compact. Jadi buat kalian yang ingin handphone yang compact dan tidak terlalu berat mungkin akan merasa kurang cocok dengan handphone ini. Tapi kekurangan ini malah bisa jadi kelebihan juga karena dengan berat 200gr baterai bisa memiliki kapasitas lebih besar dan juga layarnya juga lebih lebar untuk nonton youtube atau main game tentunya akan lebih nyaman.

error: Content is protected !!