Review Samsung Galaxy A51 Indonesia Warna Putih – Perbedaan A51 Vs A50s – Tes Kamera dan Gaming PUBG

Di artikel kali ini kita akan review Samsung Galaxy A51. HP dari Samsung ini baru launching pada awal tahun 2020 ini yang juga sekaligus dengan seri A71. Samsung Galaxy A51 hadir dengan 3 pilihan warna, ada prism crush black, prism crush green, dan prism crush white seperti device yang kta review di video kali ini. Kalau dibandingkan dengan seri A50s, seri Samsung Galaxy A51 ini fiturnya sekilas terlihat cukup identik. Terus apa saja peningkatan yang diberikan di Samsung A51 ini dibandingkan dengan seri A50s? Mari kita bahas satu persatu di artikel ini.

LAYAR – SAMSUNG GALAXY A51

Peningkatan pertama yang paling terlihat ada di sektor display layarnya, kali ini Samsung mengganti model display tipe notch yang sudah sangat mainstream di 2019 dengan tipe cut out yang memperlihatkan kesan yang lebih fresh dan baru. Tipe cut out display untuk kamera depan ini biasanya hanya kalian temukan di handphone tipe flagship saja seperti Note10. Akan tetapi, kali ini Samsung mulai mengadopsi layar cut-out ini ke smartphone midrange seri A.

LAYAR - Review Samsung Galaxy A51 Indonesia Warna Putih - Perbedaan A51 Vs A50s - Tes Kamera dan Gaming PUBG

Selain model cut out display untuk kamera depan yang berbeda, jenis layar yang digunakan di Samsung Galaxy A51 ini sama seperti seri A50s juga, yaitu menggunakan Super AMOLED display khas Samsung dan tentunya sudah bisa menggunakan fitur Always-On display. Layarnya terlihat hadir dengan desain bezelles dengan bezel yang terlihat sangat tipis bahkan di bagian bawah sekalipun, Ini perbandingan bezel Samsung Galaxy A51 kalau kita bandingkan dengan device Galaxy S10+.

Bezel S10 Vs A51 - Review Samsung Galaxy A51 Indonesia Warna Putih - Perbedaan A51 Vs A50s - Tes Kamera dan Gaming PUBG

Ukuran layar dari Samsung A51 ini 6.5″ dengan screen-to-body ratio nya mencapai 87.4%. Display layarnya hadir dengan rasio sedikit lebih tinggi 20:9 dengan resolusi Full HD 1080×2400 pixels dan kerapatan pixel 405 ppi. Respon layarnya terlihat cukup responsive dan nyaman digunakan saat bermain game tanpa touch delay yang berarti.

BUILD QUALITY – SAMSUNG GALAXY A51

Sekarang mari kita lihat build qualitynya. Handphone Samsung Galaxy A51 ini menggunakan material plastik polycarbonate di bagian belakang. Bagian belakang juga hadir dengan desain prisma segitiganya yang juga cukup identik dengan seri A50s sebelumnya.

Back Cover A51 - Review Samsung Galaxy A51 Indonesia Warna Putih - Perbedaan A51 Vs A50s - Tes Kamera dan Gaming PUBG

Hadir dengan baterai 4000mAH, berat dari A51 masih tergolong cukup ringan, hanya 172gr saja. Di bagian belakang smartphone A51 ini terlihat setup quad kamera dengan desain kotak yang berada di bagian kiri dengan lampu flash di bagian dalam bingkai kotaknya. Walaupun terlihat space di dalam bingkai kameranya ada yang kosong. Akan tetapi, desain kameranya ini terlihat cukup fresh dan memberi kesan lebih baru dan kekinian.

Kamera A51 Vs A50s - Review Samsung Galaxy A51 Indonesia Warna Putih - Perbedaan A51 Vs A50s - Tes Kamera dan Gaming PUBG

Mungkin desain kotak di bagian belakang ini kembali ke selera masing-masing. Kalau tidak suka dengan desain kotak ini mungkin kalian lebih cocok dengan yang seri A50s sebelumnya dengan spesifikasi yang lumayan sama. Untuk yang seri A50s ini kita juga akan review di artikel selanjutnya.

Selain quad camera dengan desain kotak dan berbentuk huruf “L” ini, di bagian belakang juga nampak ada logo Samsung yang berada agak sedikit ke bagian bawah dengan beberapa informasi tentang seri smartphone ini di bawahnya.

Ukuran HP A51 - Review Samsung Galaxy A51 Indonesia Warna Putih - Perbedaan A51 Vs A50s - Tes Kamera dan Gaming PUBG

Dengan dimensi tinggi 15.85cm dan lebar 7.36cm dan desain curved di bagian belakang, smartphone ini juga masih tergolong cukup enak digenggaman. Tebalnya terlihat sedikit lebih tebal dari seri A50s, akan tetapi saat digunakan tidak terasa perbedaan tebal yang signifikan. Kesan ringkasnya juga masih cukup terasa saat menggunakan smartphone yang satu ini.

Sama seperti di Samsung A50s sebelumnya, Speaker di Samsung A51 ini hanya terdapat satu saja di bagian bawah dan belum stereo. Di sampingnya ada mic, port USB type C, dan jack 3.5mm. Di bagian kanan ada tombol power dan volume. Di bagian atas hanya terdapat lubang mic sedangkan untuk slot SIM card berada di sebelah kiri handphone. slot SIM card Samsung Galaxy A51 ini juga hadir dengan slot micro SD dedicated.

KONEKTIFITAS – SAMSUNG GALAXY A51

Untuk urusan konektifitas, Samsung A51 tentunya juga hadir dengan koneksi 4G dan Bluetooth 5.0. Smartphone ini sudah menggunakan OS Android 10 dengan User Interface OneUI 2.0 yang sudah bawaan dari dalam kotaknya. Buat yang belum tahu fitur-fitur terbaru di OneUI 2.0 ini, bisa cek di artikel sebelumnya disini:

Baca:   22 Fitur Baru di Android 10 - One UI 2.0 di Samsung Galaxy S10 Plus - Sebelum Update HARUS Cek Dulu!

PERFORMA – SAMSUNG GALAXY A51

Untuk masalah performa, walaupun ini bukan handphone yang recommended untuk gaming. Samsung A51 ini juga sudah bisa memainkan game berat seperti PUBG dengan setting maksimal smooth extreme. saat bermain terasa lumayan lancar dan hanya sesekali terasa ada sedikit frame drop.

Untuk proses pengecasan handphone ini juga sudah mendukung fast charging 15 Watt, adapternya fast charging 15 Watt nya juga sudah tersedia di dalam kotak pembeliannya.

HP ini hadir dengan chipset Exynos 9611 (10nm), dan GPU Mali-G72 MP3. Ini adalah chipset dan GPU yang sama persis seperti di Galaxy A50s sebelumnya.

Untuk melihat bagaimana performa dari handphone ini, kita sudah coba tes benchmark dan antutu untuk Samsung Galaxy A51 ini. Berikut adalah hasil tes Antutu Benchmark untuk Samsung Galaxy A51.

Skor Antutu Benchmark Samsung A51 - Review Samsung Galaxy A51 Indonesia Warna Putih - Perbedaan A51 Vs A50s - Tes Kamera dan Gaming PUBG

KAMERA – SAMSUNG GALAXY A51

Di sektor kamera, Samsung Galaxy A51 hadir dengan 4 kamera belakang. Ada kamera wide (26mm) 48MP dengan aperture f/2.0, kemudian ada kamera ultrawide (12mm) 12MP dengan f/2.2, selanjutnya juga ada kamera depth sensor 5MP f/2.2 dan juga yang terakhir kamera makro 5MP f/2.2.

Spesifikasi Kamera Belakang Samsung A51 - Review Samsung Galaxy A51 Indonesia Warna Putih - Perbedaan A51 Vs A50s - Tes Kamera dan Gaming PUBG

Setup kamera ini lumayan mirip dengan setup kamera di Galaxy A50s sebelumnya. Perbedaannya hanya terlihat di peningkatan resolusi kamera ultrawide dari 8MP ke 12MP dan juga ada penambahan satu lensa macro 5MP di Samsung Galaxy A51.

kamera belakang dari Samsung A51 ini bisa merekam video hingga 4K 30 fps. Di kameranya juga sudah hadir dengan fitur super steady yang bisa membuat footage menjadi auto smooth secara realtime. Saat menggunakan fitur ini, video hanya bisa direkam dengan resolusi maksimal Full HD 1080p saja dan tidak bisa untuk merekam video resolusi 4K.

Secara keseluruhan, hasilnya fotonya sudah cukup bagus dengan kamera belakang 48MP di Samsung Galaxy A51 ini. Berikut adalah beberapa contoh foto lainnya dari kamera belakang Samsung Galaxy A51. Untuk hasil perekaman video dengan kamera belakang hasilnya juga sudah cukup baik untuk handphone di harga 4 jutaan ini.

Untuk foto malam hari dengan kondisi cahaya cukup terlihat lumayan bagus untuk kamera handphone 4 jutaan dengan resolusi 48MP ini. Untuk mendapatkan hasil yang lebih tajam dan lebih baik. kalian bisa memanfaatkan fitur Night Mode di aplikasi kameranya.

Untuk hasil foto dan video kamera depan , Berikut adalah hasil foto dan videonya menggunakan lensa kamera depan 32MP dengan f/2.2 di Samsung Galaxy A51. Hasil foto dan video kamera depannya menurut saya sudah cukup bagus untuk handphone seri mid-range ini.

KESIMPULAN – REVIEW SAMSUNG GALAXY A51

Selain semua fitur yang sudah kita bahas, beberapa fitur-fitur menarik dari Samsung Galaxy A51 ini adalah hadirnya in-display fingerprint, resolusi kamera yang sudah lumayan besar dengan hasil foto dan video yang sudah cukup baik, serta fitur super-steady juga cukup berguna untuk menghasilkan video yang lebih stabil.

Dengan fitur yang ditawarkan dan desain bezelles yang lebih fresh terlihat cukup mewah, smartphone Samsung Galaxy A51 ini menurut saya adalah salah satu handphone yang cukup menarik di range harga 4 jutaan. Dengan kemampuan menghasilkan foto dan video yang baik, handphone ini menjadi sebuah pilihan yang cocok untuk yang ingin smartphone Samsung dengan hasil foto dan video yang baik dengan harga yang masih cukup terjangkau.

Hal yang paling diunggulkan di Samsung A51 ini tentu saja desain layar depannya yang sudah hadir dengan desain cut out display ala flagship 10 jutaan ke atas. Untuk saat ini nampaknya belum ada kompetitor lain yang hadir dengan desain seperti ini. Tapi kabarnya bakal banyak hadir handphone dengan desain layar cut out display untuk kamera depan di tahun 2020 ini. Kita tunggu saja rilisnya nanti.

Sedikit catatan untuk kekurangannya, smartphone A51 ini masih menggunakan body plastik polycarbonate yang tentunya lebih gampang tergores dibandingkan material kaca gorila glass. Akan tetapi, penggunaan material plastik ini bisa jadi hal positif juga, karena membuat berat smartphone ini menjadi ringan dan compact hanya 172gr saja. Selain itu, material plastik juga tidak rentan pecah saat jatuh.

Jadi menurut kaliaan apakah Samsung Galaxy A51 ini adalah handphone yang layak dibeli di harga 4 jutaan ?Atau kalian lebih memilih Galaxy A50s dengan spesifikasi yang mirip dan lebih murah? Silahkan komentar pendapat kalian di kolom komentar di bawah.

error: Content is protected !!