Review Samsung Galaxy A32 Violet | HP Samsung 3 Jutaan Terbaik 2021

Halo semuanya, di artikel kali ini kita akan melihat review Samsung Galaxy A32.

Untuk Seri A32 ini hadir dengan berbagai pilihan warna yang cukup menarik, ada awesome white, awesome black, awesome blue dan awesome violet. Samsung Galaxy A32 adalah Seri Mid-range Samsung terbaru yang baru saja hadir di Indonesia.

Dan Seri A32 ini menawarkan beberapa fitur menarik seperti Refresh Rate sama Blue Hertz yang sudah enak untuk scrolling dengan layar Amoled. Jadi untuk scrol layar sudah cukup mulus dan layarnya juga sudah cukup tajam.

Back Case Design of Samsung Galaxy A32

Untuk desain back cover dan juga desain kamera belakang di Samsung Galaxy A32 ini juga cukup menarik dan unik serta berbeda dari seri-seri yang lain. Jadi kameranya sudah hadir tanpa frame kotak dan warnanya juga cukup bagus. Untuk Seri A32 ini juga sudah hadir dengan One UI terbaru dengan Android 11.

Back Case Design of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Untuk Seri A32 ini hadir dengan harga 3 jutaan, ada yang RAM 6GB di harga 3,6 jutaan dan ada yang RAM 8GB di harga 3,8 jutaan. Keduanya memiliki memori internal 128 GB. Ini adalah harga resmi dari Samsung dan mungkin kalian bisa dapatkan harga yang lebih murah kalau kalian beli di Tokopedia atau di marketplace lainnya.

Back Case Design of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Screen Display of Samsung Galaxy A32

Untuk display dari Samsung Galaxy A32 ini terlihat cukup terang dan cukup vibrant. Untuk kecerahan maksimal layarnya bisa 800 nits dan untuk penggunaan saat kita lihat di layarnya sudah terlihat cukup terang dan cukup enak untuk dilihat. Warnanya cukup cerah dan juga cukup tajam.

Screen Display of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Dan layar Amoled 6,4 inci di Samsung Galaxy A32 ini juga sudah hadir dengan Refresh Rate 90hz. Jadi kalian bisa scrolling dengan lebih smooth di layar terbaru ini. Untuk rasio layarnya adalah 20:9 dan resolusi layarnya 1080 x 2400 Pixel. Pixel density nya juga cukup rapat, sudah 411 Pixel Density. Untuk Screen-to-Body ratio di Samsung Galaxy A32 ini adalah 84,6 persen dan untuk bezel nya masih terlihat sedikit tebal di bagian bawahnya.

Screen Display of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Untuk kamera depan di bagian layar depannya menggunakan Display Infinity-U dan belum menggunakan Punch Hole Display seperti di Seri A52 dan A72.

Built and Quality of Samsung Galaxy A32

Untuk build-quality & design di A32 ini, frame nya menggunakan material plastik dan bagian belakang juga menggunakan material plastik polycarbonate. Walaupun di bagian belakang kalau kita lihat sekilas terlihat terbuat dari bahan kaca.

Built and Quality of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Untuk ukuran dari handphone ini cukup terbilang compact, hanya 184 gram dan cukup enak di genggaman untuk digunakan sehari-hari. Jadi kalau kalian gunakan handphone ini dalam jangka waktu lama dengan satu tangan, kalian bisa menggunakannya dengan cukup nyaman. Untuk dimensinya juga cukup compact 158,9 73,6 mm. Dan tebalnya juga tergolong cukup tipis 8,4 mm.

Built and Quality of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Port yang tersedia di Samsung Galaxy A32 ini ada speaker di bagian bawah. Untuk speaker di Seri Samsung Galaxy A32 ini masih menggunakan speaker mono dan belum stereo. Disamping speakernya ada USB Type-C, ada mikrofon dan juga jack 3,5 mm.

Built and Quality of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Untuk dibagian kanan seperti biasa, hanya ada tombol power dan tombol volume, dan di bagian atas ada lubang microphone.

Built and Quality of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Untuk bagian kirinya ada Dedicated Micro SD slot dan Dual Nano SIM Card slot.

Built and Quality of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Kemudian untuk sensor fingerprint nya sudah in-display fingerprint yang optical. Untuk kecepatannya terlihat biasa saja dan tergolong tidak terlalu cepat.

Built and Quality of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Performance of Samsung Galaxy A32

Kemudian kita lanjut ke performa dari Samsung Galaxy A32 ini. Untuk OS yang diberikan di Samsung Galaxy A32 ini sudah menggunakan Android 11 terbaru dengan One UI 3.1.

Performance of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Prosesor yang dibenamkan di Samsung Galaxy A32 ini adalah MediaTek Helio G80 dengan 12 nanometer. Saat kita tes AnTuTu di Galaxy A32 ini hasilnya mencapai 215059 untuk AnTuTu versi 9.

Performance of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Dan saat kita tes main game PUBG lancar di Smooth Ultra dan bisa juga kalian mainkan maksimal di HD High. Akan tetapi untuk bermain PUBG yang terlalu kompetitif kadang-kadang memang agak sedikit legi, apalagi kalau kondisi musuh yang cukup ramai kadang-kadang memang terasa ada sedikit frame drop.

Akan tetapi secara overall permainannya sudah cukup lumayan juga. Untuk kelebihannya saat kita mainkan selama satu jam permainan PUBG di Smooth Ultra, prosesornya tidak terasa panas sama sekali. Jadi prosesor ini cukup nyaman dimainkan tanpa terasa panas yang terlalu berlebih.

Baca:   Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro Indonesia Versi Resmi - Hijau Forest Green - Tes Kamera 64MP dan Game

Performance of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Untuk sensor yang digunakan di Samsung Galaxy A32 ini juga sudah cukup lengkap. Sensor Gyro nya juga sudah ada dan sudah bisa kalian mainkan di game PUBG Mobile ini. Untuk sensor lainnya juga sudah cukup lengkap, yang tidak ada hanya Pressure dan Temperature sensor.

Performance of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Battery of Samsung Galaxy A32

Baterai yang digunakan di Samsung Galaxy A32 adalah 5000mAh dengan fitur fast charging 15 Watt yang cukup standar. Untuk Seri A32 ini belum mendapatkan fast charging 25 Watt seperti seri atasnya, yang A52 dan A 72. Untuk adaptor 15 Watt nya sudah include di dalam paket penjualannya. Saat kita mainkan game PUBG Mobile di handphone ini baterainya berkurang 13 persen.

Battery of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Bluetooth of Samsung Galaxy A32

Untuk konektivitas di handphone ini sudah menggunakan Bluetooth 5.0 dan koneksi 4G saja. Sejauh ini yang masuk Indonesia adalah yang Seri A32, A52 dan A72 hanya seri 4G saja. Untuk seri 5G nya belum masuk sejauh artikel ini kita buat.

Bluetooth of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Front and Rear Camera of Samsung Galaxy A32

Untuk sektor kameranya, di A32 ini menggunakan empat kamera belakang, ada kamera utama 64MP F/1.8 kemudian ada kamera Ultra Wide 8MP F/2.2 dan ada kamera Makro 5MP F/2.4. Kemudian ada juga tambahan kamera Depth Sensor 5MP F/2.4. Untuk perekaman video kamera belakang hanya bisa merekam hingga maksimal 1080p Full HD 30fps.

Front and Rear Camera of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Dan di bagian kamera depan ada kamera 20MP F/2.2 yang bisa kalian gunakan untuk foto dan video. Dan untuk videonya juga hanya bisa merekam hingga 1080p 30fps.

Front and Rear Camera of Samsung Galaxy A32 - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Berikut adalah beberapa hasil beberapa foto dari kamera belakang Samsung Galaxy A32.

Rear Sample - Review Samsung Galaxy A32 Violet
Rear Sample - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Dan ini adalah beberapa contoh foto dari kamera depannya.

Front sample - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Front sample - Review Samsung Galaxy A32 Violet

Kelebihan dari Samsung Galaxy A32

Jadi kesimpulannya untuk Seri A32 ini kelebihannya adalah HP ini sudah hadir dengan layar Amoled yang sudah cukup tajam dan cukup mulus untuk scrolling karena sudah hadir dengan fitur 90hz Display Refresh Rate. Walaupun Refresh Rate nya belum hadir hingga 120hz, akan tetapi Refresh Rate 90hz di A32 ini sudah cukup terasa mulus dibandingkan dengan Refresh Rate standar yang 60hz.

Untuk berat dari handphone ini juga cukup ringan dan compact. Saat digunakan dalam jangka waktu lama cukup enak di genggaman dan tidak terlalu berat untuk dipakai berlama-lama. Untuk main game juga cukup pas di tangan dan tidak terlalu besar ukurannya dan juga tidak terlalu berat.

Desain back cover di A32 ini juga cukup menarik dan unik serta berbeda dari seri-seri yang lain. Desain kameranya hadir tanpa frame kotak seperti seri-seri yang lain pada umumnya. Warnanya juga hadir dengan warna-warna yang cukup menarik dan juga cukup bagus.

Untuk hasil foto A32 ini juga sudah cukup bagus dan tajam khas HP Samsung. Dan Kelebihan lainnya adalah One UI nya sudah menggunakan One UI terbaru serta sudah menggunakan Android 11 terbaru. Jadi ada banyak fitur di One UI 3.1 yang bisa kalian manfaatkan di handphone A32 ini seperti ada fitur Edge panel, Double tap to lock dan lain sebagainya. Untuk fitur-fiturnya yang ada di One UI 3.1 ini kalian bisa cek di artikel kita sebelumnya.

Kekurangan Samsung Galaxy A32

Untuk kekurangan dari Samsung Galaxy A32 ini adalah kamera depan yang masih menggunakan model Infinite-U dan belum menggunakan Punch Hole Display seperti Seri A52 dan A72. Akan tetapi ini cukup wajar mengingat harganya yang berada di angka 3 jutaan.

Kemudian kekurangan kedua adalah fingerprintnya yang terasa cukup standar dan tidak terlalu cepat. Akan tetapi kalian bisa coba tips kita di artikel sebelumnya untuk mempercepat fitur respon fingerprint ini. Paling tidak ini bisa membantu kalian untuk yang menggunakan Seri A32 ini untuk mempercepat respon fingerprint menjadi lebih cepat lagi dari sebelumnya.

Kalau kalian ada pertanyaan atau komentar, kalian bisa komentar dikolom komentar dibawah, atau kalian bisa tanya-tanya langsung di grup Telegram kita di link ini t.me/santertainmentindonesia. Atau kalian juga bisa tanya langsung di DM Instagram kita, di @santertainment. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kalian juga bisa cek juga versi video disini:

error: Content is protected !!