Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 – Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Pada artikel kali ini kita melihat aplikasi wajib yang kalian gunakan di handphone Samsung kalian. Aplikasi ini adalah aplikasi yang cukup berguna di handphone Samsung kalian kalau kalian menggunakan fitur Gesture layar penuh di handphone-nya.

Buat kalian yang sudah menggunakan fitur Gesture layar penuh, kalian wajib menggunakan aplikasi ini untuk membantu kalian navigasi smartphone-nya. Dengan menggunakan aplikasi One Hand Operation+ ini, kalian bisa menggunakan handphonenya secara lebih cepat dengan shortcut dan gesture-gesture tertentu yang bisa kalian kostumisasi sendiri.

How to Install

Jadi, buat kalian yang belum pernah menggunakan aplikasi ini dan ingin menggunakannya di smartphone kalian atau buat kalian yang ingin melihat fitur-fitur terbaru di aplikasi ini, mari langsung saja kita lihat update aplikasi terbarunya.

How to Install - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Buat kalian yang belum pernah menggunakan aplikasi ini sebelumnya, kalian bisa instal dulu aplikasinya di Google Play Store ataupun kalau tidak menemukannya di Google Play Store, kalian juga bisa instal aplikasinya di Galaxy Store.

Di Dalam aplikasinya, kalian tinggal cari saja One Hand Operation+. Nanti kalian tinggal pilih aja ikon aplikasi ini yang dari developer Samsung Electronics. Setelah menginstal aplikasinya, kalian bisa langsung buka aplikasinya.

Di dalam aplikasi ini ada banyak setting yang bisa kalian manfaatkan untuk navigasi smartphone kalian menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

Overview

Untuk yang basic-nya sama seperti di versi sebelumnya yang bagian handle sebelah kiri dan handle sebelah kanan settingnya masih cukup sama. Hanya saja ada beberapa penambahan fitur-fitur baru di bagian opsi menunya ini.

Overview - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Untuk yang setting Left handle dan Right handle ini fungsinya sama seperti di versi sebelumnya, yang Left handle adalah untuk akses sebelah kiri dan yang Right handle untuk akses menu yang sebelah kanan.

Di sini untuk kedua settingnya kita buat sama, jadi kita set saja yang Right handle ini. Di artikel ini kita akan lihat menu-menu di Right handle dan nanti kalian tinggal samakan saja dengan setting Left handle ini.

Right Handle

Oke, sekarang kita langsung masuk ke setting Right handle. Di menu Right handle ini ada 3 pilihan: yang Straight left yang swipe lurus seperti ini, dan ada Diagonal up untuk swipe ke bagian atas, dan yang terakhir di bagian bawah ada Diagonal down untuk swipe ke bagian bawah seperti ini.

Jadi, dengan mengaktifkan aplikasi ini kalian bisa membedakan fungsi swipe untuk masing-masing arahnya. Jadi, swipe dengan gerakan lurus ke atas dan ke bawah bisa memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di sini, semua gerakannya kita samakan di-setting ini dan kalau kalian ingin membedakannya juga bisa langsung kalian pilih di bagian ini.

Right Handle - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Di sini yang biasa saya set adalah semuanya pilihan untuk Back key nya. Jadi, walaupun kalian swipe ke bawah ke atas dan ke samping semuanya memiliki fungsi back yang sama. Akan tetapi, kalau kalian ingin mengubah fungsinya, kalian bisa langsung pilih misalnya Diagonal down yang swipe ke bawah seperti ini. Kalian juga bisa pilih fungsi yang lain misalnya kalian ingin Volume down key atau tombol Volume bawah, kalian bisa langsung swipe seperti ini dan kalian bisa langsung menampilkan pengaturan volume seperti ini.

Akan tetapi, biasanya di sini kita set untuk Back key saja supaya tidak terlalu membingungkan. Biasanya untuk fungsi-fungsi yang lain kita ubah di bagian Long swipe yang bawah ini karena untuk Long swipe itu gerakannya sedikit berbeda dengan yang Short swipe. Kalau yang Short swipe kadang-kadang ketika kita swipe seperti ini, kita swipe nya agak ke bawah dan men-trigger fitur Diagonal down ini. Jadi, supaya tidak sering salah ketika kalian back, kalian bisa set untuk back key semuanya di Short swipe ini.

Long Swipe

Dan untuk fitur-fitur tambahan yang ingin kalian akses untuk navigasi cepatnya, kalian bisa set di Long swipe yang ini. Kemudian, disini untuk contoh penggunaan yang Long swipe kalian bisa menggunakan yang Straight left ini untuk fitur Quick tools. Virtual touch pad dan bisa juga untuk Start application.

Long Swipe - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Disini kalian bisa memilih salah satu aplikasi misalnya kalkulator kalau kalian sering menggunakan aplikasi kalkulator. Jadi, ketika kalian swipe lama dengan lurus seperti ini, akan langsung membuka aplikasi kalkulator dan kalian bisa langsung balik ke aplikasi sebelumnya. Jadi, ini bisa kalian gunakan untuk shortcut membuka aplikasi yang paling sering kalian gunakan.

Straight Left – Task Switcher | Long Swipe

Kemudian untuk yang Long swipe ini, yang Straight left, kalian juga bisa gunakan untuk Task switcher. Task switcher ini adalah untuk pindah-pindah aplikasi seperti di bagian App drawer. Di setting Task switcher ini ada juga fitur-fitur terbaru di update kali ini, sama seperti saat kalian membuka Recent apps seperti ini. Akan tetapi, untuk tampilan Task switcher ini lebih simpel dan lebih kecil dan juga kalian bisa langsung mengaksesnya dengan satu tangan.

Straight Left - Task Switcher | Long Swipe

Untuk fungsi Task switcher ini kalian bisa langsung close aplikasi yang ada di Recent apps nya. Misal kalian ingin close aplikasi, kalian tinggal tekan tanda X di bagian sebelah kanan dan untuk opsinya, sekarang juga bisa langsung kalian pilih di bagian sebelah kirinya. Di sini ada pilihan Lock this app, Open in split screen view, Open in pop-up view dan App info. Setting-setting nya sama seperti yang di bagian Task changer yang ini.

Straight Left – Virtual touch pad | Long Swipe

Straight Left - Virtual touch pad | Long Swipe

Kemudian, selain fitur Task switcher, kita juga bisa set untuk Virtual touch pad. Jadi, untuk memunculkan Virtual touch pad, kalian tinggal swipe lama saja seperti ini dan akan langsung muncul Virtual touch pad nya. Jadi, kalian bisa langsung mengakses Virtual touch pad dengan swipe di bagian bawah ini, dan untuk close tinggal tekan tombol X ini. Jadi, saat kalian ingin menggunakan Virtual touch pad ini, kalian tinggal swipe saja dan akan langsung muncul Virtual touch pad di layarnya.

Straight Left – Quick Tools | Long Swipe

Straight Left - Quick Tools | Long Swipe

Selain itu, kalian juga bisa mengganti fungsinya untuk fungsi Quick tools. Dengan memilih Quick tools, kalian bisa langsung swipe lama di bagian kanannya dan akan langsung muncul Quick tools di bagian ini. Di bagian Quick tools ini, kalian bisa langsung set brightness nya dan kalian bisa mengatur volume lagu, kemudian disini kalian juga bisa mengaktifkan Wi-Fi, mengaktifkan Bluetooth, kunci layar, Screenshot, dan mengaktifkan senter. Jadi, fungsi Quick tools ini bisa langsung kalian manfaatkan untuk berbagai fungsi sekaligus.

Buat kalian yang untuk pilih fungsi apa yang kalian gunakan untuk Long swipe ini, kalian bisa pilih Quick tools saja karena banyak setting-setting yang bisa langsung kalian akses dengan menu Quick tools ini.

Diagonal Up / Down – Volume Up / Down | Long Swipe

Diagonal Up / Down – Volume Up / Down | Long Swipe

Kemudian untuk Diagonal up, yang Long swipe kalian bisa pilih yang Volume up key dan Diagonal down yang Long swipe kalian bisa pilih untuk Volume down key. Jadi, kalian bisa mengubah volume di handphone kalian tanpa perlu menekan tombol fisiknya. Kalian bisa langsung mengecilkan volume seperti ini atau kalian juga bisa langsung membesarkan volume dengan swipe ke atas. Ini tentunya cukup memudahkan karena setelah kalian swipe lama ke atas atau ke bawah kalian bisa langsung mendapatkan tombol di bagian layarnya. Jadi, kalian tidak perlu lagi menekan tombol fisiknya.

Baca:   Cek Fitur Terbaru One UI 3.1 di Samsung S21+ yang Belum Tersedia di One UI 3.0 Samsung S20+ (PART 2)

Keyboard Features

Kemudian, untuk setting-setting baru di update One Hand Operation+ di tahun 2021 ada di bagian Advanced Settings. Di sini ada fitur yang cukup menarik yang sebelumnya sempat hilang setelah update ke One UI 2.5. Setelah update ke One UI 2.5, saat kita mengetik di bagian keyboard dan ingin menggunakan gesture untuk back ke aplikasi sebelumnya, kita tidak bisa swipe di bagian keyboard nya lagi.

Keyboard Features - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Akan tetapi, setelah update terbaru One Hand Operation+ di tahun 2021 ini, di bagian Advanced settings nya ada pilihan fitur-fitur keyboard yang bisa kalian uncheck. Jadi, kalau kalian tidak pilih fitur ini, kalian bisa langsung back di bagian keyboard saat Navigation gestures. Jadi, buat kalian yang sebelumnya sempat kesusahan untuk back di bagian keyboard, sekarang kalian bisa memanfaatkan fitur One Hand Operation+ di bagian Advanced features ini. Dibagian Advanced features, kalian tinggal uncheck yang Fitur keyboard dan kalian bisa langsung back di bagian keyboard.

Animation

Kemudian, setting selanjutnya yang biasa kita gunakan di One Hand Operation+ ini ada di bagian Advanced settings yang Animation. Disini biasanya kita pilih yang Curved line yang pilihan ketiga. Jadi, saat kalian back akan ada efek hitam yang tertarik seperti ini. Sedangkan kalau kalian pilih yang default, yang Arrow, tampilan animasinya akan nampak seperti ini saja.

Animation - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Dan untuk Curved line sepertinya terlihat yang paling menarik karena ada efek bubble-bubble atau jiggle efek seperti ini. Dan buat kalian yang ingin tampilan yang ketiga, kalian bisa langsung pilih yang pilihan Curved line nya.

App Exceptions

App Exceptions - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Kemudian, di bagian Advanced settings ini ada juga pilihan App exceptions. Jadi, kalau ada aplikasi yang kalian tidak ingin aktifkan gesture-gesture yang kita aktifkan di aplikasi One Hand Operation+ ini, kalian bisa langsung aktifkan di pilihan App exceptions ini. Misal di aplikasi Kalkulator kalian tidak ingin mengaktifkan gesture-gesture yang sudah kita buat tadi. Jadi, kalau kalian masukkan aplikasi kalkulator jadi list ini, gesture nya tidak akan terbaca khusus di aplikasi yang kalian pilih ini. Disini kalian tinggal sesuaikan saja aplikasinya untuk aplikasi yang tidak ingin kalian aktifkan gesture nya.

Quick Action

Selanjutnya, ada fitur terbaru di update terbaru aplikasi One Hand Operation+ di bagian Gesture settings ini. Di bagian Gesture settings ini ada pilihan Quick action untuk yang Short swipe dan Long swipe. Dengan mengaktifkan fitur Quick action ini, nanti fungsi swipe nya akan langsung difungsikan bahkan sebelum kalian melepas tangan kalian dari layar. Jadi, untuk fungsi back nya akan bisa lebih cepat lagi dari sebelumnya. Misalnya, kalau kalian mengaktifkan Quick action ini, nanti fitur Long swipe tidak bisa aktif.

Quick Action - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Jadi, kalau kalian menggunakan fitur Long swipe seperti yang kita setting tadi kalian bisa mematikan yang Quick action untuk Short swipe nya. Jadi, kalian bisa gunakan Quick action khusus untuk Long saja. Jadi, fitur Long swipe nya bisa muncul lebih cepat dari sebelumnya dengan mengaktifkan Quick action ini.

Swipe Distance

Swipe Distance - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Untuk Swipe distance nya, sekarang juga ada pilihannya untuk yang Short atau Long. Jadi, kalau kalian ingin membuat swipe nya bisa langsung diakses dengan jarak yang tidak terlalu jauh, kalian bisa geser ke bagian yang Short. Jadi, saat kalian Long swipe menunya akan muncul dengan cukup cepat.

Gesture Angels

Kemudian, di update terbaru One Hand Operation+ di tahun 2021 ini, ada juga fitur terbaru di bagian Gesture settings ini. Ada setting Gesture angles terbaru di bagian Gesture settings ini. Di sini, kalian bisa set untuk angle saat kalian swipe ke bagian bawah atau swipe ke bagian atas. Jadi, disini untuk angles saat kalian swipe ke bawah atau swipe ke atas bisa kalian sesuaikan. Disini kalian tinggal sesuaikan saja angle nya sesuai dengan penggunaan kalian.

Gesture Angels - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Kalau kalian ingin mengembalikan setting ke setting default atau setting bawaannya, kalian bisa langsung tekan tombol Restore default settings ini, dan setting pun akan kembali ke setting awalnya.

Touch Width

Touch Width - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Kemudian kita back ke setting sebelumnya, kita lihat di setting Touch width yang bagian bawahnya, kalian bisa kecilkan dan besarkan seperti ini dan untuk lebarnya juga bisa kalian sesuaikan. Posisinya juga bisa kalian set untuk lebih ke atas dan lebih kebawah. Jadi, di luar garis ini, nanti ketika kalian swipe tidak akan berfungsi. Jadi, kalau ada bagian layar yang tidak kalian ingin fungsikan untuk swipe di kiri atau kanan layarnya, kalian tinggal sesuaikan saja posisinya di bagian ini.

Handle Color

Kemudian, untuk warna dari handle ini juga bisa kalian buat transparan sepenuhnya. Disini kalian tinggal pilih warna putih atau warna apapun dan pilih opacity nya ke 0%. Jadi, untuk handle nya sama sekali tidak akan muncul di bagian layar.

Handle Color - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Dan di update terbaru juga ada pilihan spectrum untuk warna yang lebih detail dari sebelumnya. Jika kalian ingin memilih warna dan ingin menampilkan warna dari handle ini, kita set misalnya 100% dan klik Done, nanti di bagian samping layarnya akan muncul warna seperti ini. Dan untuk menghilangkan secara total tampilan handle nya ini, kalian tinggal set opacity ke 0% dan klik Done, dan untuk handle nya akan langsung tidak tampil sama sekali di bagian layarnya.

Custom Vibration Intensity

Custom Vibration Intensity - Fitur Terbaru One Hand Operation+ di Update 2021 - Aplikasi WAJIB Untuk Pengguna Gestur Layar Penuh

Kemudian, di bagian paling bawahnya juga ada pilihan Custom vibration intensity untuk intensitas getaran saat kalian swipe di bagian kiri atau kanan layarnya. Jadi, kalau kalian ingin ada sedikit vibration feedback, kalian bisa naikkan sedikit vibration levelnya atau kalau kalian tidak ingin ada feedback sama sekali tinggal set ke yang paling low ke sebelah kiri. Jadi tidak akan ada feedback getaran saat kalian swipe di bagian layarnya ketika kalian mengakses One Hand Operation+ ini.

Kalau kalian ada pertanyaan atau komentar, kalian bisa komentar dikolom komentar dibawah, atau kalian bisa tanya-tanya langsung di grup Telegram kita di link ini t.me/santertainmentindonesia. Atau kalian juga bisa tanya langsung di DM Instagram kita, di @santertainment. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kalian juga bisa cek juga versi video disini:

error: Content is protected !!