Cek Fitur Terbaru One UI 3.1 di Samsung S21+ yang Belum Tersedia di One UI 3.0 Samsung S20+ (PART 1)

Di artikel kali kita akan melihat fitur-fitur terbaru di update One UI 3.1 di S21+ ini. Supaya lebih nampak perbedaannya, kita akan bandingkan dengan versi One UI 3.0 sebelumnya di S20+ yang sebelah kiri. Di update terbaru One UI 3.1 di S21+ ini ada berbagai macam fitur baru yang cukup menarik untuk kita coba. Fitur ini masih belum hadir di versi One UI 3.0 yang digunakan di seri S20+ ini. Akan tetapi, nantinya setelah mendapatkan update One UI 3.1, tentunya fitur-fiturnya akan ada di seri-seri yang lain juga. Oke, sekarang mari saja kita lihat apa saja fitur-fitur terbaru di One UI 3.1 ini.

1. Call Background

Untuk fitur yang pertama ada di bagian background app, di Phone Dial. Di setting Phone Dial di 3.1 ada fitur terbaru di bagian Call Background nya. Di bagian Call Background nya di One UI 3.1 ada beberapa background default yang ditambahkan di sini. Untuk One UI 3.0, background nya hanya terdapat satu saja. Di update One UI 3.1 kalian bisa langsung memilih default background dengan pilihan yang lebih banyak dari sebelumnya. Untuk pilihan sebelumnya hanya terdapat satu saja dengan warna gradasi seperti ini, sedangkan One UI 3.1 terdapat tiga pilihan tambahan lainnya dengan animasi yang cukup menarik. Ini adalah tambahan animasi yang pertama di One UI 3.1 dan ada juga tambahan animasi yang kedua dengan desain animasi seperti ini.

Call Background - Cek Fitur Terbaru One UI 3.1 di Samsung S21+ yang Belum Tersedia di One UI 3.0 Samsung S20+ (PART 1)

Kemudian yang terakhir ada juga pilihan emoji seperti ini. Untuk AR emoji ini, kalian juga bisa set dengan emoji yang kalian desain sendiri. Kalian tinggal set saja di aplikasi AR emoji. Kemudian, di bagian bawah juga ada pilihan Use video sound as ringtone. Jadi, kalau dari video nya sudah ada suaranya kalian bisa langsung menggunakannya sebagai ringtone saat ada telepon masuk.

2. AR Emoji

Kemudian, untuk fitur kedua yang berbeda di One UI 3.1 ini adalah ada di bagian emoji di AR emoji nya. Disini, kalian bisa set AR emoji di aplikasi AR Zone di One UI 3.1 yang terbaru. Dibagian AR Zone, kita pilih yang AR Emoji Sticker yang sudah pernah dibuat. Kalian bisa buatnya dari foto selfie atau dari foto yang sudah ada dari galeri nya. Sebagai contoh, coba kita buat dari foto yang sudah ada di galeri. Untuk versi One UI 3.0, kalian tidak bisa membuatnya dari foto di galeri.

AR Emoji - Cek Fitur Terbaru One UI 3.1 di Samsung S21+ yang Belum Tersedia di One UI 3.0 Samsung S20+ (PART 1)

Disini kita coba buat dari salah satu foto di galeri nya. Kita coba saja dengan foto ini sebagai contohnya. Untuk versi terbaru, kita bisa langsung pilih foto dari galeri dan akan langsung bisa dibuat emojinya dari foto yang sudah diambil. Dan sekarang emojinya sudah selesai. Kita klik All done di bagian bawahnya. Disini terlihat untuk emoji yang sudah dibuat terdapat pilihan pilihan yang berbeda untuk One UI 3.1 ini. Untuk One UI 3.0 terdapat 4 pilihan yang sama, akan tetapi untuk ikon nya terlihat berbeda di update kali ini. Di aplikasi AR Zone di dalam AR emojinya, saat setelah kalian membuat emoji nanti tampilan emojinya saat kalian pilih akan sedikit berbeda. Untuk di versi sebelumnya pilihan menunya akan nampak seperti ini dan di versi terbaru tampilan menunya akan seperti ini. Kalian bisa langsung Add to Gallery untuk pilihan yang ini sama dengan versi sebelumnya, hanya saja ikon nya sedikit berbeda.

Akan tetapi, untuk yang kedua ini yang Add to Always on display dan Set as profile picture berbeda dengan yang versi sebelumnya. Untuk yang versi sebelumnya, kita hanya bisa Share dan Delete. Kemudian, disini kita hanya bisa edit untuk tampilan emojinya, sedangkan di versi One UI 3.1 ada pilihan untuk menamakan ke Always on display dan juga set untuk profil picture nya. Kalian bisa langsung set untuk profile picture kalian dan juga kalau bisa langsung untuk Always on display nya, sedangkan di versi sebelumnya kalian hanya bisa langsung edit emojinya seperti ini. Disini terlihat setting AR emoji langsung bisa kalian masukkan ke setting Always on display nya.

3. Blue Light Filter

Perbedaan fitur yang ketiga di One UI 3.1 ada di Blue light filter. Dibagian setting, kalau kita buka di One UI 3.1 kita lihat di bagian Display terdapat sedikit perubahan penamaan di One UI 3.1 ini. Untuk setting Blue light filter di One UI 3.0 sebelumnya sekarang berubah namanya menjadi Eye comfort shield di versi One UI 3.1. Dan ketika kita masuk ke setting Blue light filter atau Eye comfort shield yang terbaru ini, sekarang ada fitur Adaptive nya.Blue Light Filter - Cek Fitur Terbaru One UI 3.1 di Samsung S21+ yang Belum Tersedia di One UI 3.0 Samsung S20+ (PART 1))

Kalau di versi One UI 3.0 sebelumnya hanya ada dua setting yaitu Turn on now dan Turn on as scheduled, sedangkan untuk setting yang terbaru pilihannya sudah menjadi Adaptive. Untuk yang versi sebelumnya di One UI 3.0 berada di pilihan Sunset to sunrise ini, sekarang dipindahkan ke setting Adaptive ini. Sedangkan untuk Custom, sekarang terpisah sendiri menunya di bagian bawah dan di versi terbaru One UI 3.1 ini juga ada setting Color temperature nya. Jadi, selain ada pemindahan beberapa setting, ada juga tambahan fitur terbaru di update One UI 3.1 kali ini.

Baca:   Cek Semua Fitur Baru Aplikasi Sound Assistant Untuk HP Samsung dengan Android 11 | One UI 3.0 & 3.1

4. Continue Apps on Other Devices

Continue Apps on Other Devices - Cek Fitur Terbaru One UI 3.1 di Samsung S21+ yang Belum Tersedia di One UI 3.0 Samsung S20+ (PART 1)Kemudian, fitur yang keempat ada di bagian Advanced features untuk Continue apps on other devices. Fiturnya bisa kalian temukan di setting, kemudian pilih Advanced feature. Kemudian, di sini ada fitur terbaru yang bernama Continue apps on other devices di update One UI 3.1. Fitur ini bisa kita manfaatkan untuk beberapa aplikasi yang sudah support seperti Samsung Internet dan Samsung Note. Jadi, kalian bisa langsung menggunakan aplikasi yang sudah support ini ke beberapa device Samsung Galaxy kalian. Jadi, ini adalah salah satu fitur terbaru yang bisa kalian manfaatkan untuk pindah-pindah aplikasi secara lebih seamless. Mudah-mudahan ke depannya juga akan support untuk aplikasi-aplikasi lainnya.

5. Video Call Effects

Video Call Effects - Cek Fitur Terbaru One UI 3.1 di Samsung S21+ yang Belum Tersedia di One UI 3.0 Samsung S20+ (PART 1)Kemudian, yang kelima masih di bagian Advanced features. Di bagian bawah ada fitur terbaru yang bernama Video call effects. Video call effects ini belum ada di versi One UI 3.0 sebelumnya. Di setting Video call effects ini, kalian bisa memilih Blur effects, Color effects, dan juga pilih foto di setting image nya. Kalian bisa pilih gallery kemudian pilih foto untuk background nya. Jadi, untuk fitur Video call effects ini bisa kalian manfaatkan untuk kalian yang sedang menggunakan aplikasi Zoom atau aplikasi Google Duo. Ada pilihan blur untuk efek background blur di bagian belakang, kemudian kalian juga bisa mengganti warna dan kemudian ada juga pilihan untuk mengganti foto sesuka hati kalian. Untuk pilihan yang ketiga ini, untuk foto kalian bisa langsung pilih dari galeri smartphone kalian. Kalian tinggal pilih saja background yang kalian suka untuk tampilan video call nya. Jadi, ini seperti fitur yang ada di aplikasi Zoom untuk laptop atau pc. Kalian bisa mengganti background langsung dari smartphone nya tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya.

6. Remove Location Data

Kemudian, fitur selanjutnya ada di bagian gallery smartphone nya. Misal, kita mengambil foto dari smartphone dan kita cek di detail fotonya, di bagian detail fotonya biasanya untuk secara default akan ada alamat atau lokasi saat pengambilan fotonya dan ketika kita share fotonya ke handphone yang lain, untuk versi One UI 3.0 kita juga akan share lokasi tersebut. Buat kalian yang ingin share foto tapi tidak ingin share lokasi dari pengambilan foto tersebut, sekarang di One UI 3.1 terdapat fitur Remove location data. Jadi, di update One UI 3.1 kali ini ketika kalian tap di Remove location data ini, foto yang kalian kirim tidak akan mengikutsertakan untuk data lokasinya.

Remove Location Data - Cek Fitur Terbaru One UI 3.1 di Samsung S21+ yang Belum Tersedia di One UI 3.0 Samsung S20+ (PART 1)

Misal, di sini kita coba kirim foto dari S21+ ke S20+ dengan fitur Quick Share dan kita centang Remove location data tadi. Dan ketika kalian mengirimkan foto ke smartphone lain seperti ini dari S21+ kita kirim ke S20+, ini adalah foto yang sama yang kita kirim dari S21+ ke S20+. Dan untuk di S21+, disini masih tertera location data pengambilan fotonya. Dan untuk hasil foto yang kita kirim tadi, setelah kita centang Remove all location data, ketika kita cek detail nanti tampilan untuk location ini tidak akan ikut terkirim. Jadi buat kalian yang tetap ingin memunculkan location data di foto-foto yang kalian ambil di smartphone kalian, tapi tidak ingin mengirimkan location ini ke smartphone yang lain, kalian bisa centang fitur Remove location data ini, jadi nanti data lokasi dari pengambilan fotonya tidak akan ikut terkirim ke smartphone yang lain.

7. Set Bedtime

Set Bedtime - Cek Fitur Terbaru One UI 3.1 di Samsung S21+ yang Belum Tersedia di One UI 3.0 Samsung S20+ (PART 1))Kemudian fitur baru selanjutnya ada di bagian aplikasi Jam. Untuk aplikasi Jam di update One UI 3.1 ada fitur terbaru yang ditambahkan di dalam aplikasinya. Kalau di versi One UI 3.0 sebelumnya hanya ada Delete, Settings, dan Contact us, sekarang ada Set bedtime di versi One UI 3.1 ini. Untuk Set bedtime, kalian bisa masuk ke setting ini dan pilih Next dan disini kalian bisa langsung pilih schedule untuk jam tidur kalian. Di fitur terbaru kali ini, kalian bisa langsung set jadwal tidur kalian di setting nya.

Disini kita pilih Next, kemudian disini kita bisa Adjust your bedtime settings. Kemudian, disini ada pilihan Reminder notification dan juga Bedtime mode. Kalau kalian aktifkan Bedtime mode ini, nanti layarnya akan hitam putih, dan untuk semua panggilan yang masuk di jam tidur kalian akan langsung mute atau tidak berdering. Untuk suara-suara notifikasi juga akan langsung silent kalau kalian mengaktifkan Bedtime mode ini. Nanti jamnya akan langsung disesuaikan dengan jam yang kalian pilih sesuai dengan jam tidur kalian.

Kalau kalian ada pertanyaan atau komentar, kalian bisa komentar dikolom komentar dibawah, atau kalian bisa tanya-tanya langsung di grup Telegram kita di link ini t.me/santertainmentindonesia. Atau kalian juga bisa tanya langsung di DM Instagram kita, di @santertainment. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kalian juga bisa cek juga versi video disini:

error: Content is protected !!