9 Fitur Tersembunyi di One UI 3.0 berbasis Android 11 Terbaru – Fitur dan Setting Berguna One UI 3.0

Kali ini kita akan melihat 9 fitur tersembunyi di One UI 3.0 berbasis Android 11 terbaru. Di One UI 3.0 ini ada beberapa setting tersembunyi yang ternyata cukup berguna kalau kalian ketahui. Mari langsung saja kita lihat apa saja setting tersembunyi di One UI 3.0 berbasis Android 11 ini.

1. Resize Picture-in-Picture

Untuk fitur yang pertama, sekarang kalian bisa swipe di bagian picture in picture untuk video YouTube. Jadi saat kalian memainkan video YouTube di bagian background seperti ini, dimana sebelumnya kalian tidak bisa membesarkan tampilan yang kecil ini. Jadi kalian bisa menonton hanya dengan ukuran yang kecil seperti ini saja. Kalian hanya bisa membesarkan nya kalau kalian tap seperti ini dan ketika kalian membuka aplikasi yang lain nanti akan kembali mengecil seperti biasa. Akan tetapi di One UI 3.0 ini sekarang kalian bisa membesarkan sedikit tampilan ini karena untuk tampilan bawahnya ini sedikit kecil dan agak susah kalau kalian ingin menonton sambil membuka aplikasi yang lain.

Resize Picture-in-PictureUntungnya di One UI 3.0 sekarang kalian bisa membesarkan tampilannya sambil membuka aplikasi lain. Disini kalian bisa langsung tekan di bagian sudut-sudut videonya dan membesarkan tampilannya seperti ini. Dan tampilannyapun akan tetap besar seperti ini ketika kalian buka aplikasi yang lain.

2. Copy Image to Clipboard

Copy Image to ClipboardKemudian, fitur yang kedua di One UI 3.0 ini kalian bisa langsung Copy to Clipboard. Inilah setting terbaru di One UI 3.0 yang bisa kalian manfaatkan untuk copy foto langsung ke clipboard di keyboard kalian.

3. New Split Screen View

Kemudian, fitur yang ketiga ada New Split Screen View. Di bagian Split Screen yang fitur terbaru ini kalian sekarang bisa langsung split screen dengan lebih mudah. Misalnya kalian ingin buka aplikasi di mode Split Screen seperti ini, sekarang tampilannya akan sedikit berbeda dari sebelumnya. Sekarang di sini kalian bisa langsung pilih tampilan kedua di bagian bawahnya dari ikon-ikon dari edge panelnya. Di update terbaru kali ini sekarang kalian bisa langsung memilih untuk aplikasi kedua di bagian ikon edge panel ini.

New Split Screen ViewJadi kalian bisa langsung memilih salah satu ikonnya untuk ditampilkan di bagian Split Screen View ini. Dan kalau kalian ingin membuka aplikasi lain di bagian Split Screen ini, kalian bisa langsung tap di bagian ini dan kalian Bisa langsung pilih ikon aplikasinya, dan kedua aplikasinya pun akan langsung terbuka di mode Split Screen seperti ini. Dan untuk settingnya ini sama seperti di One UI 2.5 sebelumnya, kalian bisa switch tampilannya seperti ini dan kalian juga bisa langsung save ikonnya ke bagian edge panel di bagian ini. Kalian tinggal tap saja dan kedua ikonnya akan langsung disatukan dan disimpan di edge panel. Jadi saat kalian ingin membuka kedua aplikasinya secara sekaligus, kalian bisa langsung tap di bagian kedua ikon ini. Dibagian edge panel akan ada ikon yang menggabungkan dua aplikasi yang akan langsung terbuka sekaligus.

4. Add Widgets from Homescreen Icons

Kemudian, fitur baru yang keempat di One UI 3.0 ini kalian bisa langsung tambahkan widget dari icon di homescreen kalian. Untuk tampilan menu, saat kalian tahan ikon seperti ini juga terlihat sedikit berbeda di One UI 3.0 ini. Kemudian, disini sekarang kalian bisa langsung menambahkan widget di bagian kanannya. Kalian tinggal pilih widgetnya dan akan langsung bisa ditambahkan ke layar smartphone kalian.

Add Widgets from Homescreen IconsFitur ini tentunya cukup berguna untuk aplikasi-aplikasi yang kalian tidak tahu kalau ada widgetnya. Jadi sekarang kalian bisa langsung cek aplikasinya apakah memunculkan widget yang bisa kalian gunakan sehari-hari. Jadi sekarang kalian bisa langsung cek aplikasi mana saja yang menghadirkan fitur widget. Kalau sebelumnya kalian harus lihat satu persatu di bagian menu setting widgetnya. Kalau ada aplikasi yang menyediakan widget akan langsung muncul di bagian kanannya.

5. New Permission Manager

Kemudian setting baru yang kelima adalah setting Permission Manager. Di update terbaru kali ini sekarang ada fitur Permission Manager yang khusus hadir di Android 11. Sekarang di bagian setting, di bagian setting Privacy nya ada Permission Manager.

New Permission ManagerDi bagian Permission Manager ini kalian bisa cek aplikasi mana saja yang menggunakan permission khusus di Smartphone kalian. Misal kalian ingin cek apa saja aplikasi yang menggunakan permission untuk microphone, disini akan langsung muncul aplikasi mana saja yang kalian izinkan untuk menggunakan microphone di smartphone kalian.

6. New Permission Setting

Kalau kalian tidak ingin mengizinkan penggunaan microphone di smartphone kalian untuk aplikasi ini, kalian bisa langsung “Deny” di bagian bawahnya. Disini kalian bisa langsung cek dan lihat aplikasi mana saja yang menggunakan permission untuk microphone. Kalian juga bisa langsung cek untuk kamera, call logs, kalender dan lain sebagainya. Kalau ada aplikasi mencurigakan atau aplikasi yang tidak ingin kalian izinkan untuk menggunakan fitur-fitur tertentu, kalian bisa langsung pilih “Deny” di bagian ini.

New Permission Setting

Kalian bisa sesuaikan permission untuk masing-masing aplikasinya. Jadi disini sekarang cukup mudah untuk kalian bisa langsung cek berdasarkan permission yang diizinkan di aplikasinya, dan sekarang di Android 11, kalau kalian tap “Deny” dua kali di aplikasi yang kalian tolak permissionnya, nanti programnya tidak akan muncul lagi saat kalian buka yang ketiga kali.

7. New One-Handed Mode

Kemudian, fitur baru yang ketujuh adalah tampilan baru di one-handed mode dengan fitur tambahannya. Saat kalian aktifkan one-handed mode ini, dibagian setting kemudian pilih yang Advanced feature kemudian pilih yang one-handed mode. Kemudian disini kalian aktifkan one-handed mode ini. Kalian bisa langsung mengaktifkan one-handed mode dengan swipe di bagian tengah seperti ini. Tampilan one-handed mode terbaru ini terlihat sedikit berbeda dengan versi sebelumnya. Sekarang di bagian hitam sebelumnya akan ada efek transparan seperti ini. Jadi kelihatannya terlihat lebih menarik dari sebelumnya. Kalau sebelumnya di layar yang ini akan terlihat hitam saja seperti biasa. Kalau untuk fitur lainnya seperti geser kiri kanan ini sama seperti sebelumnya dan untuk masuk ke setting juga masih sama di bagian ini.

New One-Handed Mode

Untuk tambahan fitur lainnya kalian sekarang bisa langsung pindahkan atas bawah untuk one-handed mode ini. Disini kalian juga bisa langsung geser untuk bagian atas atau ke bagian bawah. Untuk menggesernya kalian tahan di bagian atas ini kemudian tinggal geser saja sesuai dengan posisi yang ingin kalian gunakan. Kalian juga bisa geser kiri atau kanan sesuai dengan posisi tangan kalian. Dan untuk keluar dari mode one-handed mode ini tinggal tap saja di area luarnya.

8. Battery Usage Since Last Full Charge

Kemudian fitur baru yang kedelapan adalah tampilan Battery Usage. Kalau kalian buka disetting kemudian pilih yang Battery and Device care kemudian disini kalian pilih battery. Untuk tampilan battery usage nya kayaknya sekarang sudah tampil lagi yang “since last full charge”.

Battery Usage Since Last Full ChargeJadi ada pilihan untuk melihat tampilan grafik penggunaan baterai dari full charge yang terakhir. Kemudian disini adalah seperti tampilan yang terbaru kemarin. Sekarang kalian bisa melihat tampilan baterai yang seperti ini dan juga tampilan penggunaan baterai seperti sebelumnya seperti ini.

9. Android 11 Bubble Notification

Kemudian fitur baru yang kesembilan adalah Bubble Notification yang bawaan dari Android 11. Untuk mengaktifkan bubble notification kalian bisa cek di bagian notification, kemudian disini pilih yang Advanced settings, dibagian Advanced settings pilih Floating notifications dan pilih bubbles. Untuk Bubble notification ini sedikit berbeda penggunaannya dari Bubble notifications yang mungkin sudah kalian gunakan. Untuk penggunaan Bubble notifications di Android 11 ini, misal kalian mendapatkan notification seperti ini di Telegram, kalian bisa menampilkan notifikasinya langsung di Bubble Chat.

Android 11 Bubble Notification

Dibagian conversation, di bagian atas ini kalian tap di ikon yang kanan ini. Jadi tampilannya akan seperti ini dan inilah Bubble notifications ala Android 11. Kalau ada banyak pesan yang kalian masukkan ke Bubble notifications akan langsung berderet dibagian atasnya. Dan untuk notifikasi yang sudah kalian masukkan ke Bubble notification seperti ini bisa langsung kalian kecilkan seperti ini. Jadi mungkin ini cukup bermanfaat buat kalian yang sering balas chat untuk orang yang sama terus-menerus. Jadi kalian tidak perlu buka ulang lagi dan akan terus muncul di bagian layar depannya. Untuk Bubble notification ini sejauh ini baru support di Telegram dan mungkin untuk ke depan akan support untuk aplikasi-aplikasi yang lain. Untuk close Bubble notification ini kalian bisa langsung swipe ke bagian bawahnya seperti biasa. Untuk aplikasi lain mungkin akan menyusul untuk support Bubble notification ini.

Kalau kalian ada pertanyaan atau komentar, kalian bisa komentar dikolom komentar dibawah, atau kalian bisa tanya-tanya langsung di grup Telegram kita di link ini t.me/santertainmentindonesia. Atau kalian juga bisa tanya langsung di DM Instagram kita, di @santertainment. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kalian juga bisa cek juga versi video disini:

error: Content is protected !!