8 Fitur PENTING dan BERGUNA di HP Samsung Tapi Jarang Diketahui – Hadir di Berbagai Versi One UI ❗

Halo semuanya, di artikel kali ini kita akan melihat 8 fitur yang berguna di HP Samsung tapi jarang diketahui. Fitur-fitur ini jarang diketahui oleh banyak orang, akan tetapi cukup berguna jika kalian gunakan. Buat kalian yang penasaran dan ingin tahu apa saja fitur-fitur yang paling berguna di handphone Samsung ini, mari langsung saja kita lihat fitur yang pertama.

1. Two-finger Swipe Down

Fitur yang pertama adalah fitur swipe dengan dua jari dibagian notification panel. Biasanya saat kalian ingin membuka bagian notification panel, kalian akan swipe sekali seperti ini kemudian kalian harus swipe sekali lagi untuk membuka bagian notification-nya menjadi lebih lebar seperti ini.

Two-finger Swipe Down

Akan tetapi dengan swipe dua jari dibagian notification panel seperti ini, kalian bisa langsung membuka bagian notification panel dengan lebih lebar. Jadi, kalian tidak perlu swipe lagi dua kali seperti ini. Kalian bisa langsung swipe dengan dua jari dan akan langsung membukanya dengan lebih lebar seperti ini.

2. Tap on Icon Title

Kemudian fitur yang kedua adalah kalian bisa langsung tap di nama panel-nya untuk masuk ke setting-nya. Biasanya dibagian notification panel ini kalian bisa tap ikonnya untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fiturnya. Untuk masuk ke settingnya kalian bisa tekan lama dibagian notification panel ini atau kalian juga bisa langsung tekan dibagian nama dari bagian ikon notification panelnya. Dengan menekan tulisan dari bagian bawah ikon ini, kalian bisa langsung masuk ke bagian settingnya.

Tap on Icon Title

Kalian juga bisa langsung klik detail dibagian bawahnya dan langsung masuk ke settingnya. Kalian juga bisa langsung akses setting-setting lainnya dengan menekan tulisan di bawah ikonnya ini. Misal, di sini dibagian Always on display kalian juga bisa langsung tekan dan akan langsung masuk ke setting settingnya. Kadang-kadang di dalamnya juga ada setting-setting yang belum pernah kalian temukan sebelumnya.

3. Use Cloud Apps on File Manager

Kemudian fitur selanjutnya yang ketiga, kalian bisa langsung koneksikan Google Drive atau One Drive langsung ke bagian My Files-nya. Aplikasi My Files ini adalah aplikasi bawaan untuk File Manager di handphone Samsung. Saat kalian masuk ke aplikasi My Files, kemudian klik tiga titik kanan atas ini kemudian masuk ke settingnya, disini kalian bisa langsung koneksikan Samsung Cloud Drive, One Drive dan Google Drive.

Use Cloud Apps on File Manager

Ada tiga aplikasi Cloud yang bisa langsung kalian koneksikan ke aplikasi My Files ini. Kalau kalian sudah koneksikan Google Drive atau One Drive ke dalam aplikasi My Files ini, kalian bisa langsung akses file-file kalian yang ada di Google Drive ataupun One Drive langsung dari aplikasinya.

4. Shortcuts for Video on Gallery

Kemudian fitur selanjutnya yang keempat, kalian bisa membuat sebuah shortcut yang bisa langsung kalian akses untuk membuka galeri khusus videonya. Jadi, kalau kalian buka galeri biasanya akan muncul foto dan video di dalamnya. Kalau kalian ingin membuat shortcut yang khusus untuk mengakses video-video yang ada dibagian galeri, kalian bisa langsung klik dibagian video dibagian atas galeri ini. Ketika kalian klik Videos nanti akan muncul video-video yang ada di galeri kalian.

Shortcuts for Video on Gallery

Supaya kalian bisa lebih mudah untuk membuka galeri yang khusus video ini, kalian bisa buat shortcut khusus yang bisa langsung mengakses galeri khusus video ini. Kalian bisa pilih di tiga titik kanan atas ini kemudian pilih yang Add to Home screen kemudian pilih Add dibagian bawahnya. Kemudian dibagian Home screen kalian akan muncul shortcut untuk mengakses bagian galeri khusus video ini. Kalian bisa langsung tap dibagian ikon ini dan akan langsung masuk ke galeri yang berisi seluruh video yang ada di handphone kalian. Kalau kalian sering membuka video di handphone kalian, tentunya shortcut ini akan cukup berguna bagi kalian.

Baca:   Update One UI 2.0 Januari Ditunda di Beberapa Device Samsung - Ini Jadwal Barunya! Mulai Februari 2020

5. Hide App Icons on App Drawer

Kemudian selanjutnya setting yang kelima, kalian juga bisa menghilangkan ikon aplikasi yang ada di App Drawer ini. Buat ikon aplikasi yang ingin kalian hilangkan atau sembunyikan, kalian bisa langsung pilih satu persatu dibagian setting ini. Untuk menghilangkan ikon-ikon yang ada di App Drawer ini kalian bisa masuk ke setting dibagian tiga titik kanan atas ini. Kemudian disini kalian pilih yang Home screen setting. Dibagian Home screen setting kalian bisa langsung swipe ke bagian bawah dan lihat yang Hide app ini. Kalian bisa pilih Hide app ini dan kalian langsung bisa pilih ikon-ikon aplikasi yang ingin kalian sembunyikan dari App Drawer nya.

Hide App Icons on App Drawer

Misal, disni kita bisa pilih salah satu aplikasinya, misalnya aplikasi kalkulator dan akan langsung masuk ke bagian Hidden apps ini. Setelah kalian klik Done, nanti di App Drawer nya tidak akan muncul lagi ikon aplikasi yang sudah kalian sembunyikan tadi.

6. Link to Windows

Kemudian fitur selanjutnya yang keenam adalah fitur Link to Windows. Fitur Link to Windows ini bisa langsung kalian manfaatkan untuk mengkoneksikan handphone kalian langsung ke laptop atau PC kalian. Dibagian notification panel ada Link to Windows yang bisa langsung kalian manfaatkan.

Link to Windows

Kalian tinggal koneksikan saja ke laptop kalian di sini. Nanti setelah selesai kalian koneksikan handphone ke laptop nya, kalian bisa langsung cek notifikasi pesan, foto, aplikasi dan juga panggilan langsung dari laptop kalian.

7. Samsung Dex

Kemudian fitur selanjutnya adalah fitur Samsung Dex. Untuk fitur Samsung Dex ini, kalian juga bisa langsung mengkoneksikan handphone ke laptop atau ke TV kalian. Fitur ini sedikit berbeda dengan Link to Windows karena kalau Link to Windows kita hanya men-link handphone ke laptop nya saja. Kalau untuk fitur yang Samsung Dex ini, kalian bisa langsung mengakses handphonenya langsung dari perangkat lainnya.

Samsung Dex

Jadi, misalnya kalian koneksikan handphonenya ke monitor, kalian bisa langsung memfungsikan monitornya seperti handphone kalian. Jadi, kalian tidak memerlukan perangkat tambahan lainnya lagi. Jadi, monitor dan TV nya berfungsi sebagai displaynya saja, sedangkan untuk operating sistemnya berada di handphone kalian. Jadi, kalian bisa langsung mengakses seluruh isi dari handphone kalian langsung dari monitor atau TV nya.

8. Bixby Routine

Kemudian fitur yang kedelapan adalah fitur Bixby Routine. Fitur Bixby Routine ini juga fitur yang cukup berguna di handphone Samsung dan bisa langsung kalian manfaatkan fungsinya. Ada berbagai fungsi yang bisa kalian manfaatkan dengan menggunakan Bixby Routine ini. Sebagai contoh, ketika kalian sedang ingin merekam video dengan handphone kalian, kalian bisa langsung aktifkan Bixby Routine.

Bixby Routine

Jadi, semua settingnya akan langsung berubah sesuai dengan yang kalian pilih. Untuk pembahasan yang lebih lengkap tentang Bixby Routine ini kalian bisa cek juga di video kita sebelumnya yang sudah membahas khusus tentang Bixby Routine ini.

Kalau kalian ada pertanyaan atau komentar, kalian bisa komentar dikolom komentar dibawah, atau kalian bisa tanya-tanya langsung di grup Telegram kita di link ini t.me/santertainmentindonesia. Atau kalian juga bisa tanya langsung di DM Instagram kita, di @santertainment. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kalian juga bisa cek juga versi video disini:

error: Content is protected !!