2 Fitur Baru Dari Galaxy Labs Untuk Meningkatkan Performa HP Samsung – Thermal & Memory Guardian

Halo semuanya, di artikel kali ini kita akan melihat dua buah update aplikasi terbaru di bagian Galaxy Labs.

Di tahun 2021 ini selain ada penambahan fitur untuk aplikasi-aplikasi yang sudah ada di versi sebelumnya, ada juga dua aplikasi baru yang ditambahkan di update kali ini. Untuk aplikasinya bernama Thermal Guardian dan Memory Guardian.

ThermalThermal Guardian dan Memory Guardian - 2 Fitur Baru Dari Galaxy Labs Untuk Meningkatkan Performa HP Samsung Guardian dan Memory Guardian

Oke, sekarang mari langsung saja kita melihat apa saja fitur-fitur baru di aplikasi ini, bagaimana cara menginstalnya dan apa fungsi dari aplikasi terbaru ini.

Kalau kalian belum pernah coba instal aplikasi Good Lock di handphone Samsung kalian, kalian bisa cek artikel kita sebelumnya.

Buat kalian yang sudah berhasil menginstal Good Lock, kalian tinggal tambahkan saja aplikasi Memory Guardian dan Thermal Guardian ini.

Di update terbaru kali ini, kalian belum bisa menemukannya di aplikasi NiceLock seperti di artikel sebelumnya.

Untuk yang Thermal Guardian dan Memory Guardian ini, kalian harus instal melalui Fine Lock. Jadi, kalian bisa download dulu aplikasi Fine Lock dan setelah download aplikasi Fine Lock, kalian bisa langsung buka aplikasinya dan klik di ikon sudut kanan atasnya. Kemudian klik di Updates available. Dan di websitenya kalian bisa langsung klik ikon rumah di sudut kanan atas ini.

Fine Lock - 2 Fitur Baru Dari Galaxy Labs Untuk Meningkatkan Performa HP Samsung

Kemudian disini kalian tinggal scroll saja dan cari modul yang bernama Thermal Guardian dan Memory Guardian terbaru.

Disini kalian tinggal klik saja misalnya yang Memory Guardian, kemudian kalian tinggal download APK nya di bagian ini dan klik download di bagian bawahnya. Kemudian tunggu hingga proses downloadnya selesai. Setelah proses downloadnya selesai, kalian langsung buka aplikasinya dan instal aplikasinya, kemudian klik Done dan kalian bisa langsung download juga aplikasi kedua yang bernama Thermal Guardian.

Installing - 2 Fitur Baru Dari Galaxy Labs Untuk Meningkatkan Performa HP Samsung

Kalian tinggal ikuti cara yang sama seperti tadi dan langsung instal aplikasinya. Kemudian kalian bisa langsung close dan sekarang buka aplikasinya melalui aplikasi NiceLock karena untuk aplikasi Fine Lock belum tersedia untuk ikonnya di bagian Labs ini. Jadi, kita harus membuka settingnya melalui NiceLock. Kemudian setelah selesai menginstal Thermal Guardian dan Memory Guardian, kita langsung coba aplikasinya.

Thermal Guardian

Pertama kita coba dulu aplikasi Thermal Guardian ini. Aplikasinya cukup simpel, di sini terlihat ada Threshold dan CPU di tab menu bagian atas. Untuk Thermal Threshold nya, kalian bisa setting di bagian ini, untuk pemakaian yang standar kalian bisa turunkan saja untuk CPU Thermal nya. Dan kalau kalian ingin kecepatan atau CPU yang maksimal, kalian bisa geser ke paling kanan.

Thermal Guardian - 2 Fitur Baru Dari Galaxy Labs Untuk Meningkatkan Performa HP Samsung

Di bagian notifikasinya tertulis kalau kalian aktifkan ke yang paling maksimal, CPU nya akan naik sekitar 2°C. Dan kalau kalian ingin Thermal Threshold yang default, kalian bisa pilih yang tengah saja. Jadi, untuk setting yang Thermal Guardian ini hanya ada setting di Thermal Threshold ini saja. Dan di bagian tab view sebelah kanan kalian bisa melihat Thermal CPU nya. Untuk grafiknya kalian bisa lihat history di jam-jam sebelumnya.

Kalau misalnya suhu dari CPU nya melebihi dari threshold yang sudah kita set dibagian sebelah kiri, nanti kecepatan CPU nya akan sedikit diperlambat untuk sedikit mengurangi suhu panas di CPU nya kalau sudah berlebih. Jadi ini adalah fungsi dari Threshold yang sebelah kiri Ini. Kalau kalian set ke maksimal, nanti threshold nya akan sedikit lebih tinggi dari yang default. Jadi, CPU nya akan bekerja lebih keras dibandingkan kalian set yang default atau ke yang paling sebelah kiri.

Jadi, kalau kalian ingin CPU bekerja lebih maksimal, kalian bisa instal aplikasi ini dan set ke yang paling kanan. Mungkin ini lebih berfungsi buat kalian yang ingin performa maksimal saat bermain game berat sehingga CPU nya akan bekerja lebih keras dan mungkin sedikit lebih panas dari sebelumnya.

Thermal Guardian - 2 Fitur Baru Dari Galaxy Labs Untuk Meningkatkan Performa HP Samsung

Dan untuk kalian yang ingin penggunaan normal, kalian bisa pilih yang default, ini adalah settingan standarnya.

Dan untuk penggunaan CPU yang tidak terlalu berat, kalian bisa set threshold ke bagian sebelah kiri. Jadi, nanti threshold untuk maksimal CPU yang berjalan akan lebih rendah dari biasanya. Jadi, kerja CPU nya akan dibatasi dan tidak akan kerja terlalu berat dan akan sedikit menurunkan suhu dari CPU nya. Jadi suhu CPU nya tidak akan terlalu panas kalau kalian set ke yang paling sebelah kiri.

Jadi fungsi Thermal Guardian ini hanya untuk mengatur Thermal Threshold ini dan untuk memantau kinerja CPU nya. Dan untuk setting dari fungsi aplikasi Thermal Guardian ini hanya ada dibagian ini saja. Untuk yang lain hanya ada data-data yang bisa kalian lihat. Untuk yang bagian biru ini adalah CPU nya dan temperatur nya adalah yang berwarna merah.

Baca:   Cara Terbaru Ubah Warna Panel Volume HP Samsung - Update Modul Theme Park dari Good Lock Juni 2021

Memory Guardian

Kemudian kita coba juga juga fitur yang kedua di bagian Memory Guardian. Fungsi Memory Guardian ini cukup mirip dengan fungsi yang ada di bagian Settings Device care smartphone kalian.

Memory Guardian - 2 Fitur Baru Dari Galaxy Labs Untuk Meningkatkan Performa HP Samsung

Di bagian setting di Battery and device care, kalian bisa juga lihat setting ini di bagian memorinya. Disini kalian bisa pilih Clean now dan kalian juga bisa pilih aplikasi apa saja yang ingin kalian clean dari memori RAM nya. Akan tetapi dengan tambahan aplikasi Memory Guardian ini ada beberapa hal yang tidak ada di aplikasi default yang tadi.

Memory Guardian - 2 Fitur Baru Dari Galaxy Labs Untuk Meningkatkan Performa HP Samsung

Disini untuk detail aplikasinya terlihat lebih jelas daripada di bagian Device care yang tadi. Di sini kalian hanya bisa melihat beberapa aplikasi saja yang tampil di sini. Sedangkan di aplikasi Memory Guardian ini, kalian bisa memilih aplikasinya secara lebih detail satu persatu. Disini kalian bisa pilih aplikasinya satu persatu mana saja yang ingin kalian bersihkan RAM nya dan mana yang tidak ingin kalian clean memorinya.

Untuk di setting handphonenya, kalian bisa juga setting di Excluded apps di bagian bawah ini. Dan kalian bisa juga pilih aplikasinya secara individual satu persatu, sedangkan di sini akan langsung muncul semua aplikasinya di bagian ini. Selain itu, disini juga ada setting tab history di bagian sebelah kanan, disini kalian bisa melihat kapasitas RAM yang sedang digunakan. Yang berwarna ungu adalah cache files untuk RAM nya, yang kuning adalah RAM yang sedang berjalan atau yang sedang digunakan, dan yang merah adalah RAM yang digunakan untuk sistem Androidnya. Sedangkan untuk yang free adalah yang berwarna abu-abu di bagian atas.

Memory Guardian - 2 Fitur Baru Dari Galaxy Labs Untuk Meningkatkan Performa HP Samsung

Untuk performa maksimal, kalian bisa menjaga RAM ini jangan melebihi batas 80% dari kapasitas maksimalnya. Kalau misalnya penggunaan RAM kalian diatas 80% terus-menerus bagian ini, kalian bisa reboot atau restart devicenya atau kalian bisa langsung force stop untuk aplikasi yang tidak kalian gunakan. Disini kalian juga bisa cek history penggunaan RAM nya untuk tanggal-tanggal sebelumnya. Jadi, aplikasi Memory Guardian ini bisa membantu kalian untuk clear RAM secara lebih detail dan juga cek history penggunaan RAM di smartphone nya. Jadi, fungsi aplikasi Memory Guardian ini adalah untuk me-manage RAM di smartphone kalian dan juga memantau penggunaan RAM di smartphone kalian secara lebih detail dibandingkan yang Settings Device care di smartphone nya.

Battery Tracker

Selain penambahan dua aplikasi baru ini, ada juga update di aplikasi-aplikasi sebelumnya. Untuk di bagian Labs misalnya di bagian Battery Tracker. Untuk aplikasi Battery Tracker ini mendapatkan update dengan tampilan baru dan disini kalian bisa melihat riwayat penggunaan baterai secara lebih detail dibandingkan versi sebelumnya.

Battery Tracker - 2 Fitur Baru Dari Galaxy Labs Untuk Meningkatkan Performa HP Samsung

Untuk fiturnya mirip dengan fungsi yang di bagian Settings Device yang ini. Hasilnya, untuk riwayat penggunaan nampak lebih jelas di aplikasi Battery Tracker ini. Disini kita juga bisa set periode waktu untuk cek penggunaan aplikasinya. Misalnya, kita ingin cek dari jam 1 malam hingga jam 1 pagi, disini kita bisa langsung melihat penggunaan aplikasinya dari jam yang sudah kita tentukan. Dan setting ini tidak bisa kita set di bagian Device care ini. Jadi untuk memantau penggunaan baterai, aplikasi Battery Tracker ini mendapatkan update yang cukup menarik dengan detil-detil yang lebih jelas.

App Booster

Kemudian untuk aplikasi App Booster juga bisa kalian manfaatkan untuk optimasi penggunaan aplikasinya. Untuk aplikasi yang Galaxy App Booster ini bisa kalian manfaatkan setelah kalian upgrade OS atau update ke versi One UI terbaru.

App Booster - 2 Fitur Baru Dari Galaxy Labs Untuk Meningkatkan Performa HP Samsung

Selebihnya, untuk penggunaannya kalian bisa menggunakan misalnya seminggu sekali untuk memaksimalkan performa dari smartphone kalian. Saat kalian tekan Optimize Now ini,beberapa aplikasi mungkin akan harus dibuka kembali saat kalian gunakan. Untuk prosesnya juga cukup lumayan memakan waktu.

Kalau kalian ada pertanyaan atau komentar, kalian bisa komentar dikolom komentar dibawah, atau kalian bisa tanya-tanya langsung di grup Telegram kita di link ini t.me/santertainmentindonesia. Atau kalian juga bisa tanya langsung di DM Instagram kita, di @santertainment. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kalian juga bisa cek juga versi video disini:

error: Content is protected !!